Uji Coba Bike to Work, Tak Banyak Sepeda Melintas di Jalan Sudirman

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 10:23 WIB
Pesepeda di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat
Pesepeda di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Uji coba kebijakan bersepeda ke kantor atau bike to work di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat (Jakpus), sudah mulai diberlakukan. Pagi ini, tidak banyak pesepeda yang melintas di Jalan Sudirman.

Pantauan detikcom, Rabu (8/9/2021), sepeda yang melintas menuju Jalan Sudirman hanya beberapa. Para pesepeda datang dari arah Bundaran Senayan, Jakarta Selatan (Jaksel). Sekitar tiga pesepeda melintas.

Sekitar pukul 08.45 WIB hanya ada satu pesepeda yang melintas di jalur khusus, baik dari arah Senayan maupun arah Bundaran HI. Selebihnya, hanya terlihat kendaraan mobil dan motor di lokasi.

Arus lalu lintas sepanjang Jalan Sudirman ramai lancar. Sementara itu, petugas gabungan dari kepolisian, Satpol PP, dan Dishub berjaga di Bundaran Senayan untuk menerapkan ganjil-genap (gage) ke Jalan Sudirman.

Mereka memantau kendaraan mobil pelat ganjil, mengingat angka tanggal hari ini genap. Sejumlah kendaraan mobil pelat ganjil yang datang dari Jl Sisingamangaraja dan Jl Pattimura arah Blok M terlihat diputar balik dan dialihkan polisi menuju Jl Hang Lekir.

Sebelumnya, kebijakan bike to work di lintas Sudirman-Thamrin mulai diujicobakan. Uji coba bike to work akan berlangsung selama beberapa hari ke depan.

"Untuk bike to work akan kita uji coba selama tiga hari ke depan melintas," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (6/9).

Sambodo mengatakan, seusai uji coba, kebijakan bike to work ini akan dievaluasi. Jika menimbulkan kerumunan, kebijakan tersebut akan ditiadakan.

"Nanti kita lihat apakah bike to work ini betul-betul work dengan atribut atau tanda pengenal, atau dia memanfaatkan ini memang untuk melakukan hal-hal selain bekerja. Jadi mulai besok (hari ini) kita uji coba," ujar Sambodo.

Simak juga 'Simak! Daftar Lengkap Daerah PPKM Level 4 hingga 2':

[Gambas:Video 20detik]

(aud/aud)