detikcom Do Your Magic

Pembangunan Pasar Kambing Tanah Abang Hampir Rampung, Tinggal Finishing

Athika Rahma - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 11:43 WIB
Kondisi pembangunan Pasar Kambing Tanah Abang, Selasa (7/9/2021). Proyek pembangunan hampir rampung, kios-kios telah selesai dibangun tinggal pembersihan akhir.
Progres pembangunan Pasar Kambing (Selasa, 7/9/2021) (Athika Rahma/detikcom).
Jakarta -

Pasar Lontar atau Pasar Kambing di Tanah Abang terbakar beberapa bulan silam. Kini pembangunan kembali pasar tersebut hampir rampung, termasuk bagian dalam tempat pedagang berjualan.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (7/9/2021) pukul 10.20 WIB, terlihat bagian eksterior pasar telah selesai dibangun, mulai pemasangan kerangka atap, atap, hingga rolling door. Denah pasar berbentuk U dengan tiga bagian. Bagian kiri dan tengah merupakan kios, sementara bagian paling kanan, yang merupakan bagian paling besar, berisi kios dan lapak.

Kondisi pembangunan Pasar Kambing Tanah Abang, Selasa (7/9/2021). Proyek pembangunan hampir rampung, kios-kios telah selesai dibangun tinggal pembersihan akhir.Kondisi pembangunan Pasar Kambing, Tanah Abang, Selasa (7/9/2021). Proyek pembangunan hampir rampung. Kios-kios telah selesai dibangun, tinggal pembersihan akhir. (Athika Rahma/detikcom)

Untuk masuk ke bagian dalam, pengunjung melewati pintu yang tersedia. Terdapat sekitar 12 pintu berwarna hitam yang menjadi akses keluar-masuk bagi pedagang dan pembeli di sini nantinya.

Di dalam, terlihat lapak pedagang dipisahkan oleh cat putih di lantai dan dinding berwarna abu-abu. Ada pula kios tersendiri yang dilengkapi rolling door di dalamnya. Tiap bagian lapak diberi stopkontak untuk pedagang yang berjualan.

Sementara itu, di bagian luar Pasar Kambing, yaitu di halamannya, masih terlihat tumpukan sisa-sisa bangunan yang dihancurkan dan belum dibereskan.

Pedagang-pedagang yang semula berjualan di sana dipindahkan ke tempat lain di sekitar pasar. Ada juga yang tutup sementara.

Kondisi pembangunan Pasar Kambing Tanah Abang, Selasa (7/9/2021). Proyek pembangunan hampir rampung, kios-kios telah selesai dibangun tinggal pembersihan akhir.Kondisi pembangunan Pasar Kambing Tanah Abang, Selasa (7/9/2021). Proyek pembangunan hampir rampung. Kios-kios telah selesai dibangun, tinggal pembersihan akhir. (Athika Rahma/detikcom)

Adapun para pedagang yang kiosnya semula terbakar masih menempati sisi Jl Sabeni Raya untuk menggelar lapaknya. Memang, meski sudah hampir rampung, bangunan baru di pasar kambing belum dapat ditempati oleh pedagang.

Pasar Kambing di Tanah Abang diketahui terbakar pada 8 April 2021 pukul 19.30 WIB. Akibat peristiwa tersebut, 174 lapak dan kios hangus terbakar. Para pedagangnya terpaksa berjualan di pinggir Jl Sabeni Raya sampai pembangunan pasar selesai.

(aik/aik)