Tinjau Vaksinasi di FKG UI, Ma'ruf: Vaksin Harus Ditunjang 3T dan 3M

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 10:29 WIB
Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meninjau vaksinasi di Rumah sakit Khusus Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (RSKGM FKG UI). Ma'ruf mengatakan vaksinasi salah satu kunci keberhasilan penanganan COVID-19.

"Hari ini saya datang kegiatan vaksinasi di UI yang dilaksanakan oleh Universitas Indonesia. Ada dua vaksin yang dipakai, yaitu Sinovac dan Moderna," kata Ma'ruf Amin di FKG UI Salemba, Jakarta Pusat, yang ditayangkan secara virtual, Selasa (7/9/2021).

Berbagai faktor yang menjadi kunci keberhasilan penanganan COVID-19 kata Ma'ruf. Salah satunya program vaksinasi.

"Kunci terwujudnya keberhasilan penanganan COVID-19 sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah program vaksinasi yang berperan vital dan sangat penting," tegas Ma'ruf.

Selain vaksinasi, kunci berikutnya, kata Ma'ruf Amin adalah kemampuan pelacakan kasus Corona. Dia menambahkan bahwa protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) juga harus diterapkan secara ketat.

"Tentunya pelaksanaan vaksinasi harus ditunjang dengan kemampuan pemerintah dan pemerintah daerah untuk meningkatkan upaya 3T (testing, tracing, treatment) dan masyarakat disiplin menegakkan protokol kesehatan 3M," imbau Ma'ruf.

Diketahui sentra vaksinasi di RSKGM FKG UI Salemba dilaksanakan mulai 6 September hingga 17 September mendatang. Target peserta dari sentra vaksinasi ini adalah 5.000 akseptor dengan target 500 orang per hari yang berasal dari warga sekitar kampus UI Salemba dan masyarakat umum.

Sentra vaksinasi ini juga didukung oleh tenaga kesehatan rumpun Ilmu Kesehatan UI, termasuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi, dan juga melibatkan peran serta dari Ikatan Alumni UI.

(lir/tor)