Gubernur Kalteng Salurkan 3.000 Paket Bantuan Tahap 1 ke Korban Banjir

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 16:36 WIB
Pemprov Kalteng
Foto: dok. Pemprov Kalteng
Jakarta -

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melepas pendistribusian bantuan tahap pertama untuk korban banjir di halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kalteng hari ini.

Bantuan tersebut akan disalurkan untuk masyarakat terdampak, mulai dari Kabupaten Kotawaringin Timur. Selanjutnya, Pemprov Kalteng akan mendistribusikan bantuan lainnya ke Kabupaten Seruyan, Kabupaten Katingan dan kabupaten lainnya.

"Pada kesempatan ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan bantuan untuk masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Mentaya Hulu, Kecamatan Kota Besi dan Kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotawaringin Timur," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (6/9/2021).

Di kesempatan tersebut, Sugianto juga mengimbau seluruh kepala daerah tingkat kabupaten/kota se-Kalteng untuk selalu hadir di tengah masyarakat. Ia menegaskan dirinya tak ingin mendengar soal keterlambatan pemerintah dalam penanganan bencana di Kalteng.

"Selaku Gubernur Kalimantan Tengah saya tidak ingin mendengar ada keterlambatan Pemerintah dalam penanganan bencana khususnya bencana alam di wilayah Kalteng, jajaran Pemerintah Kabupaten/Kota selaku garda terdepan harus bisa memberikan pertolongan pertama sehingga kehadiran Pemerintah dapat dirasakan di tengah-tengah masyarakat terlebih dalam keadaan musibah/bencana," ucapnya.

Sugianto berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir, terlebih di tengah situasi pandemi saat ini.

Di sisi lain, Plt. Kalaksa BPB-PK Prov. Kalteng Erlin Hardi dalam laporannya menyampaikan total bantuan tahap 1 yang disalurkan sebanyak 3.000 paket. Bantuan tersebut berupa beras, sembako dan obat-obatan.

"Total keseluruhan bantuan ada 3.000 paket yang didistribusikan hari ini. Untuk Kabupaten lainnya juga sedang kita persiapan dan nanti akan distribusikan ke Daerah-Daerah yang terdampak banjir. Paket bantuan ada beras 20 kg, sembako, gula, teh, kopi, obat-obatan, susu," pungkasnya.

Sebagai informasi, banjir melanda Kabupaten Kotawaringin Timur terjadi pada 23 Agustus 2021. Saat ini, terdapat 11 Kabupaten di Kalteng yang terdampak banjir di antaranya, Kabupaten Katingan, Kotawaringin Barat, Pulang Pisau, Seruyan, Kotawaringin Timur, Sukamara, Murung Raya, Lamandau, Gunung Mas, Palangkaraya dan Barito Utara. Selain itu, tiga kabupaten kini berstatus tanggap darurat yakni Katingan, Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur. Sedangkan, beberapa wilayah berstatus siaga darurat antara lain, Lamandau dan Pulang Pisau. Dalam mengatasi hal ini, Pemda juga turut melakukan penanganan banjir dengan mendirikan posko dan dapur umum.

(prf/ega)