1.013 Peserta Ikuti Sayembara Desain Tugu Pamulang, Hadiah Rp 20 Juta

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 15:37 WIB
Gubernur Banten menggelar sayembara desain Tugu Pamulang dengan total hadiah Rp 20 juta. Sayembara digelar usai viral bentuk tugu yang berbeda jauh dari desain.
Tugu Pamulang (Andhika Prasetia/detikcom)
Pamulang -

Sayembara desain Tugu Pamulang di Tangerang Selatan (Tangsel) masih berjalan. Pemprov Banten menganggarkan proyek renovasi Tugu Pamulang sebesar Rp 200 juta.

"Kita sudah anggarin Rp 200 juta," kata Plt Kepala Dinas PUPR Banten Arlan Marzan saat dihubungi, Senin (6/9/2021).

Diketahui, ada 1.013 peserta yang mengikuti sayembara tersebut. Pada 15 September 2021, nantinya hasil karya sayembara akan dikumpulkan dan setelahnya akan dilakukan penilaian oleh juri selama satu minggu.

"Sayembara Tugu Pamulang itu kita sudah ada 1.013 peserta sekarang sudah masuk sampai tanggal 15 September 2021 itu tahapan masukan hasil karya. Kita kan hasil karya sampai tanggal 15 itu, ada tahapan penjurian selama 7 hari habis itu baru diumumkan," terang Arlan.

Pemenang sayembara desain akan diberi hadiah total Rp 20 juta. Hal ini disampaikan Gubernur Banten, Wahidin Halim, melalui akun Instagramnya, @wh_wahidinhalim.

Tugu Pamulang Tak Dibongkar

Arlan menambahkan renovasi tugu tersebut ditargetkan dapat dimulai pada bulan Oktober mendatang. Dirinya menyebut, pihaknya tidak akan membongkar Tugu Pamulang melainkan akan melakukan sejumlah penyesuaian desain.

"Nanti sayembara selesai hasilnya kita buat desainnya langsung mungkin di akhir Oktober kita lakukan perbaikan renovasinya. Menyesuaikan dengan desain," ucap Arlan.

"Enggak, nggak (dibongkar). Kita cuma penyesuaian desain saja. Pak Gubernur menangkap ide-ide dari Warga Banten, khususnya Pamulang-lah ya, bagaimana kreatif terhadap desainnya," imbuhnya.

Sebelumnya, Tugu Pamulang di Tangerang Selatan viral di media sosial karena beda jauh dengan desainnya. Gubernur Banten Wahidin Halim mengumumkan akan sayembara ulang terkait bentuk, gambar dan desain tugu tersebut.

"Ya sudah sayembarakan sekalian, kita undang publik. Menurut publik mana yang bagus silakan desain. Kita sayembarakan nanti melalui proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ungkap Wahidin dalam keterangan tertulis, Kamis (15/4/2021).

"Tapi sementara ini kita pastikan bahwa itu sudah final, sudah jadi. Yang kita lakukan, kalaupun diperlukan perubahan sesuai dengan selera publik atau karena perbedaan pendapat secara demokratis. Hari ini saya umumkan sayembara, siapa punya gambar dan desain yang bagus berdasarkan pertimbangan estetika arsitektur, kami tunggu," lanjutnya.

(jbr/jbr)