Gubernur Riau Siapkan Bonus untuk Leani Peraih Emas Paralimpiade 2020

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 09:54 WIB
Gubernur Riau saat video call dengan Leani (dok. Istimewa)
Foto: Gubernur Riau saat video call dengan Leani (dok. Istimewa)
Pekanbaru -

Gubernur Riau, Syamsuar, mengaku bangga melihat prestasi Leani Ratri Oktila yang berhasil meraih medali emas cabang badminton pada Paralimpiade Tokyo 2020. Dia mengatakan sudah menyiapkan bonus untuk atlet asal Riau itu.

"Saya menonton siaran langsungnya. Saya bangga melihat Leani bisa memborong dua emas dan satu perak. Ini sangat luar biasa. Kami turut bangga dengan prestasi Leani," kata Syamsuar di Pekanbaru, Senin (6/9/2021).

Syamsuar mengatakan akan memberikan bonus kepada Leani. Namun, dia masih merahasiakan bentuk bonus yang akan diberikan.

"Kita sudah siapkan bonus, nanti akan kita sambut saat pulang kampung. Ini adalah bentuk apresiasi dan dukungan kita," kata Syamsuar.

Leani Ratri Oktila ini merupakan atlet badminton berusia 30 tahun asal Riau yang lahir di Kabupaten Kampar. Leani berpredikat sebagai peringkat satu dunia di nomor tunggal putri SL4 dan ganda campuran SL3-SU5.

Leani Ratri Oktila juga telah berhasil meraih berbagai prestasi di bidang olahraga badminton baik tingkat nasional maupun internasional. Raihan itu di antaranya BWF Female Badminton Player of The Year 2018-2019, pada kejuaraan Dunia BWF berhasil meraih medali emas ganda campuran Korea 2017 dan lainnya, Asian Paragames dua emas, satu perak Brazil Para-Badminton International 2020 dan lain-lain.

Pada Paralimpiade Tokyo 2020 ini, Leani Ratri Oktila dipasangkan Khalimatus Sadiyah sebagai pasangan ganda putri Indonesia dan berhasil meraih medali emas cabang badminton nomor SL3-SU5.

Leani kembali menyumbang medali saat tampil di sektor tunggal putri saat bertemu Cheng He Fang di laga final. Dia mendapatkan medali perak.

Leani kembali memainkan laga final. Kali ini dia turun di sektor ganda campuran untuk berpasangan dengan Hary Susanto. Hary/Leani berhasil merebut medali emas dengan mengalahkan Lucaz Mazur/Faustine Noel dari Prancis.

Leani merupakan atlet yang pernah mengalami kecelakaan sepeda motor pada tahun 2011. Kaki kirinya kemudian mengalami masalah usai kecelakaan itu.

(ras/haf)