Legislator Kebon Sirih Minta Pelonggaran Jika Jakarta Tetap PPKM Level 3

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 06 Sep 2021 08:11 WIB
Pemprov DKI mengklaim Jakarta sudah masuk zona hijau COVID-19. Aktivitas warga pun terpantau sedikit meningkat dari saat awal-awal PPKM. Faktanya?
Ilustrasi Kota Jakarta (Foto: Andhika Prasetya)
Jakarta -

Anggota DPRD DKI, Gilbert Simanjuntak, memberi catatan jika PPKM di Jakarta tetap level 3. Dia meminta aktivitas perekonomian lebih dilonggarkan.

"Kita tunggu penjelasan dari pusat. Kalau kita tetap level 3, setidaknya kita minta lebih longgar dari sebelumnya untuk aktivitas ekonomi, sehingga beban masyarakat berkurang," kata Gilbert kepada wartawan, Minggu (5/9/2021).

Anggota Fraksi PDIP itu juga memberikan perhatian khusus pada vaksinasi di DKI Jakarta. Dia menyebut masih ada warga yang belum divaksinasi membuat aktivitas perekonomian belum bisa dibuka secara lebih besar.

"Ini juga menjadi perhatian saya. Seandainya vaksinasi di Jakarta sudah mencapai 80% dari warga DKI, maka lebih mudah untuk membuka aktivitas perekonomian lebih besar dari sekarang," kata dia.

"Tetapi dengan estimasi saat ini masih belum mencapai target, karena masih ada 2,7 juta dari 8 juta target vaksinasi sesuai penjelasan dan data di media, maka sulit untuk terlalu terbuka," lanjutnya.

Gilbert berharap penduduk DKI Jakarta bisa menerima vaksinasi secara penuh dengan segera. Sehingga aktivitas ekonomi bisa lebih dilonggarkan.

"Seharusnya Pemprov membuat strategi soal vaksinasi kepada sisa 2,7 juta ini, agar DKI bisa segera beraktivitas setidaknya 60% dari sebelum pandemi. Dan syarat untuk itu adalah vaksinasi," ucapnya.

Maksimalkan PPKM Level 3

Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta juga mengusulkan hal yang sama. Gerindra meminta agar PPKM level 3 dilanjutkan.

"Pengennya sih segera level 2 ya, kalau melihat situasinya mulai agak mulai tenang situasi COVID-nya tapi sepertinya tidak terburu-buru menjadi pilihan yang jauh lebih tepat, biar semakin maksimal dulu masyarakat terbiasa bertahan dalam kondisi level 3 ini," kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani saat dihubungi terpisah.

Rani juga mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat. Dia menyebut keberhasilan menurunkan kasus Corona ada peran penting warga di dalamnya.

"Karena keberhasilan saat ini berkat dukungan para warga juga. Karena tidak mungkin kita berhasil tanpa kerja sama dan peran serta masyarakat," kata dia.

Simak juga '5 Provinsi Ini Masih Menerapkan PPKM Level 4, Sisanya Level 2-3':

[Gambas:Video 20detik]