Analisis Pakar soal Aksi Ekstrem Coki Pardede Suntik Sabu Lewat Anal

Farih Maulana Sidik - detikNews
Minggu, 05 Sep 2021 08:42 WIB
Coki Pardede
Coki Pardede (Febriyantino/detikhot)
Jakarta -

Komika Coki Pardede telah resmi ditetapkan menjadi tersangka kasus sabu. Cara Coki memakai barang haram dengan menyuntikkan sabu lewat anal dinilai aksi yang tak biasa.

Ahli Psikologi Forensik Reza Indragiri menjelaskan analisisnya terkait kasus narkoba yang menjerat komika bernama asli Reza Pardede. Reza menyebut Coki menyuntikkan sabu lewat anus beralasan agar tak mudah terdeteksi bekas pemakaiannya.

"Saya melihatnya sebagai alasan instrumental. Suntik ke anal dengan harapan sulit terdeteksi aparat. Beda kalau disuntik ke bagian tubuh yang terbuka," kata Reza kepada wartawan, Sabtu (4/9/2021).

Kemudian, Reza menyebut efek sabu akan menciptakan kondisi yang membuat penyalahgunanya mengasingkan diri. Menurutnya, efek buruk sabu-sabu yang berdampak pada penampilan membuat orang 'mengatasi' dengan menjaga jarak sosial dari orang lain.

"Tapi sebetulnya bagus juga kalau penyalahguna ditangkap dalam keadaan hidup. Terbuka peluang untuk rehabilitasi sebelum semakin parah," ucap Reza.

"Namun itu pula yang dimanfaatkan oleh penyalahguna. Efek gentar (deterrence effect) menjadi tak berfungsi," tambahnya.

Dia mengatakan kasus narkoba yang menyeret Coki sebagai cerminan betapa beratnya menjadi seorang komika. Sabu yang memunculkan efek perasaan 'gembira dan rileks' dinilai bisa melancarkan ide bagi Coki.

"Toh, tanpa ide lawakan, komedian bakal bangkrut," tegasnya.

Simak video 'Polisi Singgung Teknik Nyabu Tak Biasa Coki Pardede':

[Gambas:Video 20detik]