Round-Up

2 Bulan Pengusutan Penumpang Pajero Viral Buang Sampah Sembarangan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Sep 2021 22:31 WIB
Sebuah video yang memperlihatkan penumpang mobil Pajero Sport membuang sampah sembarangan di jalanan Jakarta sempat viral. Pelaku sudah ditindak. (Instagram Dinas LH DKI Jakarta)
Sebuah video yang memperlihatkan penumpang mobil Pajero Sport membuang sampah sembarangan di jalanan Jakarta sempat viral. Pelaku sudah ditindak. (Instagram Dinas LH DKI Jakarta)
Jakarta -

Aksi tak patut dicontoh penumpang mobil Pajero Sport akhirnya terungkap setelah dua bulan dilakukan pengusutan. Penumpang Pajero tersebut membuang sampah sembarangan hingga akhirnya viral di media sosial (medsos).

Video viral penumpang Pajero membuang sampah sembarangan awalnya dibagikan warga bernama Fariz Hilman melalui akun Instagram @fariz_hilman24. Kabar terungkapnya penumpang Pajero itu disampaikan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta lewat akun Instagramnya, @dinaslhdki.

Fariz memposting video itu pada 18 Juni 2021. Dia mengabarkan peristiwa terjadi di Jalan Moh Kahfi 2, Jagakarsa, Jakarta Selatan (Jaksel).

Dalam video yang dibagikan Fariz, terlihat penumpang dalam mobil berpelat nomor Z-1588-TC itu membuang sampah dari mobil ke arah kali yang ada di sebelah kiri jalan sebanyak enam kali. Faris juga sempat menegur pengendara yang buang sampah tersebut.

Namun, kata Faris, tegurannya tidak dihiraukan dan pengendara tersebut tancap gas melanjutkan perjalanannya. Dua bulan sejak viralnya video tersebut, pelaku yang membuang sampah akhirnya ditangkap.

Sebuah video yang memperlihatkan penumpang mobil Pajero Sport membuang sampah sembarangan di jalanan Jakarta sempat viral. Pelaku sudah ditindak. (Instagram Dinas LH DKI Jakarta)Sebuah video yang memperlihatkan penumpang mobil Pajero Sport membuang sampah sembarangan di jalanan Jakarta sempat viral. Pelaku sudah ditindak. (Instagram Dinas LH DKI Jakarta)

Kendala Pengungkapan Kasus

Plt Kepala Dinas LH DKI Jakarta Syaripudin menjelaskan penangkapan itu bekerja sama dengan pihak kepolisian dan pemda Ciamis, Jawa Barat, untuk mengetahui detail pemilik mobil tersebut. Seperti diketahui, mobil tersebut berpelat huruf Z, yang merupakan pelat daerah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Pihak kepolisian dan pemda Ciamis mengaku sempat kesulitan mencari pemilik mobil itu. Sebab, STNK mobil sudah berpindah tangan ke pemilik baru berdomisili Jaksel.

"Pemilik atas STNK mobil Pajero Sport yang sekarang itu berinisial S, sebelumnya pemilik mobil itu bukan dia," kata Syaripudin saat dihubungi detikcom, Sabtu (4/9/2021).

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: