Cara Sholat Hajat, Dalil, dan Doanya dalam Arab serta Latin

Rosmha Widiyani - detikNews
Sabtu, 04 Sep 2021 06:06 WIB
Ilustrasi pasangan berdoa
Foto: Getty Images/Rifka Hayati/Cara Sholat Hajat, Dalil, dan Doanya dalam Arab serta Latin.
Jakarta -

Sholat hajat biasa dilakukan tiap muslim yang memiliki keinginan bersifat duniawi. Sholat Hajat seiring dengan Asmaul Husna Ash Shamad yaitu zat tempat tumpuan harapan dan nama-nama baik lainnya milik Allah SWT.

"Ibadah sholat hajat, sesuai istilahnya, adalah ibadah untuk memohon pada Allah SWT karena ada keinginan yang ingin diwujudkan. Banyak orang telah membuktikan kedahsyatan sholat hajat," tulis buku Shalat Hajat karya Ghaida Halah Ikram.

Dalil sholat hajat banyak dijelaskan dalam hadits dari Rasulullah SAW

أَنَّ رَجُلاً ضَرِيرَ الْبَصَرِ أَتَى النَّبِيَّ فَقَالَ: ادْعُ اللهَ لِي أَنْ يُعَافِيَنِي. فَقَالَ: إِنْ شِئْتَ أَخَّرْتُ لَكَ وَهُوَ خَيْرٌ وَإِنْ شِئْتَ دَعَوْتُ. فَقَالَ: ادْعُهْ. فَأَمَرَهُ أَنْ يَتَوَضَّأَ فَيُحْسِنَ وُضُوءَهُ وَيُصَلِّىَ رَكْعَتَيْنِ وَيَدْعُوَ بِهَذَا الدُّعَاءِ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِمُحَمَّدٍ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ. يَا مُحَمَّدُ، إِنِّي قَدْ تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّي فِي حَاجَتِي هَذِهِ لِتُقْضَى. اللَّهُمَّ فَشَفِّعْهُ فِيَّ

Artinya: Seorang buta datang kepada Nabi lalu mengatakan, "Berdoalah engkau kepada Allah untukku agar menyembuhkanku." Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan, "Apabila engkau mau, aku akan menundanya untukmu (di akhirat) dan itu lebih baik. Namun, apabila engkau mau, aku akan mendo'akanmu." Orang itu pun mengatakan, "Do'akanlah." Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam lalu menyuruhnya untuk berwudhu dan memperbagus wudhunya serta shalat dua rakaat kemudian berdoa dengan doa ini, "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Muhammad Nabiyyurrahmah. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Rabbku denganmu dalam kebutuhanku ini agar ditunaikan. Ya Allah, terimalah syafa'atnya untukku." (HR Ibnu Majah).

Tata cara menunaikan sholat hajat tidak berbeda dengan menunaikan ibadah serupa lainnya. Artinya, sholat hajat bisa dilaksanakan dengan cara yang mudah dan sederhana

Cara sholat hajat:

  1. Niat sholat hajat di dalam hati
  2. Takbiratul ihram
  3. Membaca doa iftitah dilanjutkan surat Al Fatihah dan salah satu surat dalam Al Quran
  4. Ruku sambil membaca tasbih tiga kali
  5. I'tidal sambil membaca bacaannya
  6. Sujud yang pertama smabil membaca tasbih tiga kali
  7. Duduk di antara dua sujud
  8. Sujud yang kedua sambil membaca tasbih tiga kali
  9. Setelah rakaat pertama, lakukan rakaat kedua dan tasyahud akhir, yang diakhiri salam
  10. Jika ingin dilakukan empat rakaat, lanjutkan ke rakaat tiga dan empat tanpa tasyahud awal. Sholah diakhiri tasyahud akhir pada rakaat keempat dan salam.

Sholat hajat bisa dilakukan dua hingga 12 rakaat sesuai kesanggupan muslim. Biasanya sholat hajat dilakukan sendiri pada sepertiga malam terakhir. Jika tidak mampu di momen tersebut, sholat hajat bisa didirikan sesuai kemampuan tiap orang.

Usai sholat hajat, muslim bisa membaca doa berikut yang terdapat dalam hadits yang diriwayatkan At Tirmidzi

Doa sholat hajat dalam Arab dan latin

لا إِلهَ إِلاَّ اللَّهُ الحَلِيمُ الكَرِيمُ سُبْحانَ اللَّهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيمِ الحَمْدُ لِلَّهِ رَبّ العالَمِينَ أسألُكَ مُوجِباتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالغَنِيمَةَ مِنْ كُلّ بِرّ والسَّلامَةَ مِنْ كُلّ إثْمٍ لا تَدَعْ لِي ذَنْباً إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلا هَمَّاً إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلا حاجَةً هِيَ لَكَ رِضاً إِلاَّ قَضَيْتَها يا أرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Laa ilaaha illallaahul haliimul kariim subhaanallaahi rabbil 'arsyil 'adziim alhamdulillahi rabbil 'aalamiin(a) as-aluka muujibaati rahmatika wa 'azaa-ima maghfiratik(a) wal ghaniimata min kulli birrin was salaamata min kulli itsmin, laa tada' lii dzanban illa ghafartah(u) wa laa hamman illa farrajtah(u) wa laa haajatan hiya laka ridhan illa qadhaitahaa yaa arhamar raahimiin

Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Penyantun lagi Maha Mulia, Maha Suci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang agung, segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan rahmat-Mu dan hal-hal yang mendatangkan ampunan-Mu, dan memperoleh keuntungan dari setiap kebaikan dan selamat dari segala dosa. Janganlah Engkau membiarkanku melakuakn dosa kecuali Engkau mengampuninya, dan tidak ada kebimbangan kecuali Engkau berikan jalan keluarnya, dan tidak ada suatu hajat pun yang Engkau ridhai melainkan Engkau kabulkan. Wahai Sang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Buat detikers yang mau menunaikan sholat hajat, semoga harapannya segera terkabul ya.

(row/erd)