Eks Asisten Diduga Tilap Duit YouTuber Mgdalenaf Pakai Rekening Palsu

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 20:12 WIB
Polda Metro Jaya menggelar konferensi pers di Mapolda Jaya, Jakarta, Sabtu (25/7/2020) terkait kematian editor Metro TV, Yodi Prabowo. Polda Metro Jaya menyatakan kematian Yodi Prabowo karena bunuh diri dengan cara menusukkan pisau ke perut dan leher. Hadir dalam keterangan pers tersebut antara lain Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dan Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat.
Kombes Yusri Yunus (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya tengah menyelidiki laporan YouTuber Mgdalenaf soal dugaan penipuan dan penggelapan Rp 2,4 miliar oleh eks asistennya. Eks asisten diduga menilap uang Mgdalenaf dengan membuat rekening palsu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pelaku dipercayakan Mgdalenaf memegang rekening untuk keperluan pembayaran kerja sama brand dengan Mgdalenaf. Tanpa sepengetahuan Magdalena, pelaku mengirimkan nomor rekening pribadinya ke klien, bukan rekening pembayaran milik Mgdalenaf.

"Modusnya terlapor ini mengubah isi invoice yang seharusnya memasukkan nomor rekening milik pelapor. Namun tanpa sepengetahuan pelapor diubah jadi nomor rekening pribadi milik si terlapor sendiri," kata Yusri kepada wartawan, Jumat (3/9/2021).

Pelaku bekerja kepada Mgdalenaf selama setahun ini. Aksi pelaku mulai terungkap saat satu per satu klien dari YouTuber Mgdalenaf mengeluhkan terkait persoalan pembayaran.

Polisi kini masih memeriksa sejumlah saksi lain dari kasus tersebut. Gita Cintamani Akbar sebagai terlapor pun akan segera diperiksa oleh polisi.

"Terlapor sendiri akan kita undang untuk kita klarifikasi. Setelah selesai lengkap semua, baru kita gelar perkara untuk bisa tahu apa naik penyelidikan atau tidak," ungkap Yusri.

Diketahui, Mgdalenaf atau Magdalena Fridawati melaporkan mantan asistennya bernama Gita Cintamani Akbar ke Polda Metro Jaya. Laporan itu atas dugaan penipuan dan penggelapan uang sebesar Rp 2,4 miliar yang dilakukan terlapor.

"Kasusnya cukup pelik mengenai kasus dugaan tindak pidana penipuan, penggelapan uang, pemalsuan surat dan pencucian uang yang dilakukan mantan pekerja aku Gita Cinta Kintamani Akbar," kata Magdalena kepada wartawan, Rabu (1/9).

Magdalena diketahui melaporkan perkara tersebut ke Polda Metro Jaya pada Kamis (12/8). Pada Selasa (31/8) kemarin, dia telah dipanggil sebagai pihak pelapor.

YouTuber yang dikenal dengan konten kuliner ini mengaku diperiksa sejak pukul 10.00 WIB. Dia diperiksa selama 10 jam oleh penyidik.

"Ini lama karena kasusnya ini pasalnya banyak yang terkait dan cukup pelik kasusnya. Karena di sini yang dirugikan itu nominalnya sekitar Rp 2,4 miliar," ungkap Magdalena.

Laporan itu tertera dengan nomor laporan polisi nomor : LP/ B/ 3893 / VIII / 2021 / SPKT POLDA METRO JAYA, Tanggal 12 Agustus 2021 atas nama pelapor Magdalena Fridawati.

Simak video 'Gelapkan Uang Rp 2,4 M, Asisten YouTuber Magdalena Dipanggil Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/isa)