Foto KTP dan NIK Jokowi Mudah Ditemukan di Internet

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 20:05 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Rusman - Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi (Foto: Rusman/Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Nomor induk kependudukan (NIK) dan sertifikat vaksinasi Corona Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebar di media sosial. Ternyata, foto KTP dan NIK Jokowi dapat ditemukan di internet.

detikcom mencoba mencari NIK dan foto KTP Presiden Jokowi menggunakan mesin pencarian Google, Jumat (3/9/2021) pukul 19.30 WIB. Dengan menuliskan 'NIK jokowi infopemilu' menggunakan pencarian Google, NIK Jokowi akan muncul di halaman pertama dengan alamat situs KPU, https://infopemilu2.kpu.go.id/pilpres/calon/jokowi.

Tapi ketika diklik, halaman situs KPU tersebut tidak muncul. Ada keterangan '404 page not found'.

Selain NIK, foto KTP Jokowi dengan mudah dilihat di internet. Cara mencarinya sama dengan NIK. Ketik 'foto KTP Jokowi' menggunakan mesin pencarian Google, maka foto-foto KTP Jokowi akan muncul di halaman pertama.

Jika dicermati, NIK yang tertera di foto KTP itu sama dengan yang tertera pada hasil pencarian NIK Jokowi dengan alamat situs KPU.

Pemerintah sebelumnya telah menjelaskan awal mula kebocoran sertifikat vaksinasi Presiden Jokowi. Menkominfo Johnny G Plate menyebut NIK serta tanggal vaksinasi Jokowi yang digunakan untuk mengecek sertifikat vaksinasi Jokowi bukan bocor dari sistem PeduliLindung, melainkan diketahui dari situs KPU dan pemberitaan.

Baca pernyataan KPU di halaman berikutnya.

Simak video 'Waduh! Sertifikat Vaksin Jokowi Tersebar di Media Sosial':

[Gambas:Video 20detik]