Jazilul Minta Pemerintah Beri Hunian Korban Kebakaran Kebon Kosong

Yudistira Imandiar - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 15:03 WIB
Jazilul Fawaid
Foto: MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengunjungi korban kebakaran di kawasan RT 14 RW 05, Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Jazilul memberikan bantuan kebutuhan pokok serta uang tunai untuk membantu para korban kebakaran.

Sebanyak 60 rumah di kawasan tersebut dilalap si jago merah pada 29 Agustus silam. Musibah tersebut membuat 250 jiwa harus mengungsi ke SDN 09 Kebon Kosong.

"Kita mempunyai perasaan yang sama, di masa pandemi COVID-19 dan ekonomi yang sulit, ada bencana korban kebakaran," kata Jazilul dalam keterangannya, Jumat (3/9/2021).

Jazilul menyatakan rasa keprihatinannya terlebih karena di antara korban kebakaran ada anak-anak, ibu hamil, dan orang tua. Pria asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, itu mendorong agar pemerintah DKI Jakarta dan pemerintah pusat memenuhi kebutuhan para korban.

"Pemerintah harus segera turun untuk memastikan masa depan mereka," sebut Jazilul.

"Di antara anak-anak, pasti mereka membutuhkan proses pendidikan dan belajar yang kondusif," imbuhnya.

Jazilul menyoroti sampai dengan sepekan berlalu para korban kebakaran tersebut masih harus tinggal di pengungsian. Ia meminta pemerintah DKI Jakarta dan pemerintah pusat segera menyediakan tempat tinggal yang layak bagi mereka.

"Lokasi kebakaran kan tidak jauh dari Kantor Gubernur Jakarta, Kantor Kementerian Sosial, dan Istana Negara," cetus Jazilul.

"Pemerintah turunlah ke sini," lanjutnya.

Menurut Jazilul Jakarta memiliki banyak gedung dan apartemen kosong yang seharusnya bisa menampung. Di sisi lain, Wakil Ketua PWNU Jakarta itu menyatakan NU akan selalu memperjuangkan korban bencana.

"NU akan selalu berdiri bersama bapak dan ibu," ungkapnya.

Ketua Karang Taruna Kebon Kosong sekaligus Koordinator Pengungsi, Yulianto, berterima kasih atas kehadiran Jazilul bersama pengurus NU.

"Donasi yang diberikan mudah-mudahan mendapat balasan dari Allah SWT," ucap Yulianto.

Sebagai informasi, dalam kunjungan tersebut, Jazilul didampingi Sekretaris PWNU Jakarta Haji Gus Baha, Ketua PCNU Jakarta Pusat Gus Zaifudin, para anggota Fatayat, Banser, dan GP Ansor.

(mul/mpr)