Round-up

Aksi Senat Soll Pemimpin KKB Pecatan TNI Berakhir Usai Ditembak di Kaki

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 20:34 WIB
Pelaku kejahatan jalanan diborgol polisi / pelaku street crime. Agung Pambudhy/Detikcom.
Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Senat Soll, salah satu pimpinan KKB yang juga pecatan TNI Angkatan Darat (AD), akhirnya dilumpuhkan aparat. Dia ditangkap di Dekai, Papua.

"Saat ditangkap, Senat Soll sempat melawan sehingga anggota terpaksa menembak dan terkena kaki bagian kanan," kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Papua Kombes Faisal Rahmadani di Jayapura, Kamis (2/9/2021), seperti dilansir Antara.

Senat Soll ditangkap oleh tim gabungan dari Polres Yahukimo dan Satgas Ops Nemangkawi. Penangkapan dilakukan sekitar pukul 05.00 WIT.

Pentolan KKB bernama lengkap Ananias Yalak ini kini dirawat di RSUD Dekai.

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Ahmad Musthofa Kamal membeberkan detik-detik penangkapan Senat Soll. Dini hari tadi, tim mulai bergerak, tepatnya pukul 03.46 WIT.

"Kronologis penangkapan, pada pukul 03.46 WIT, Satgas Nemangkawi dan personel Polres Yahukimo yang dipimpin Kapolres Yahukimo bergerak menuju lokasi sasaran di Jalan Samaru Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo," ujar Kamal melalui keterangan tertulis.

Pada pukul 05.28 WIT, Kamal mengatakan petugas tiba di lokasi sasaran. Saat itulah petugas melakukan penggerebekan dan langsung menangkap Senat Soll beserta 5 orang lainnya.

"Pukul 05.28 WIT, tim tiba di lokasi sasaran selanjutnya melakukan penggerebekan di sebuah rumah dan langsung melakukan penangkapan terhadap saudara Ananias Yalak alias Senat Soll dan mengamankan 5 orang lainnya dari dalam rumah tersebut (Pilas Matuan, Apius Tabla, Mekison, Sapuk Asso, dan Abert Matuan)," tuturnya.

Simak juga 'Melihat Canggihnya Bus Anti Peluru Freeport, Antisipasi Serangan KKB':

[Gambas:Video 20detik]