Tanggul Bocor, Ratusan Rumah Warga di Asahan Terendam Banjir

Perdana Ramadhan - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 18:50 WIB
Banjir di Asahan
Banjir di Asahan (Dok. Istimewa)
Asahan -

Tanggul penahan air di Desa Sei Dua Hulu, Simpang Empat, Asahan, Sumatera Utara (Sumut), bocor. Hal itu menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir.

Tanggul tersebut bocor karena tingginya debit air Sungai Asahan. Selain merendam rumah warga, banjir merendam lahan perkebunan.

"Ada sekitar 205 rumah terendam luapan air sungai Asahan. Kalau ketinggian air di dalam rumah hingga 40 cm, di lahan pertanian warga 150 cm," kata Kepala Desa Sei Dua Hulu, Suwardi Nasution, saat dimintai konfirmasi, Rabu (1/9/2021).

Banjir di AsahanBanjir di Asahan (Dok. Istimewa)

Banjir sudah terjadi selama tiga hari. Salah satu warga, Madi, mengatakan banjir pernah merendam daerah itu selama sepekan akibat tanggul bocor tahun lalu.

"Kalau tahun lalu banjir juga seperti ini seminggu lebih karena tanggul bocor, tergantung cuaca," kata Madi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Asahan melaporkan sedikitnya 50 keluarga harus mengungsi. Warga mengungsi di tenda yang telah didirikan BPBD.

Selain di Desa Sei Dua Hulu, BPBD Asahan melaporkan banjir merendam rumah-rumah warga dengan ketinggian hingga 30 cm di Desa Karya Ambalutu, Kecamatan Buntu Pane. Ada 20 keluarga yang harus mengungsi akibat banjir tersebut.

Tanggul penahan air yang dibangun oleh Pemprov Sumatera Utara beberapa tahun lalu di Kecamatan Simpang Empat itu juga sempat pecah pada Desember 2020. Luapan air sungai kemudian merendam permukiman warga sampai kota Tanjungbalai.

(haf/haf)