Warga Jaktim Ini Sedih Makam Ibundanya di TPU Rorotan Turut Ambles

Faiz Iqbal Maulid - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 14:57 WIB
TPU Rorotan Jakarta Utara.
TPU Rorotan, Jakarta Utara (Faiz/detikcom)
Jakarta -

Gina, warga Cakung, Jakarta Timur, mendatangi TPU Rorotan, Jakarta Utara, ketika tahu kabar ada makam yang ambles. Dia pun sedih makam ibundanya juga ambles.

"Jujur, sedih sih, maksudnya ini kan orang tua, tapi kuburannya malah ambles gini. Cuma kayaknya nggak layak ya kalau kuburan kayak gini," ucap Gina kepada wartawan, Rabu (1/9/2021).

Gina mengatakan saat ini makam orang tuanya itu sudah diperbaiki. Dia berharap pihak TPU proaktif menginformasikan jika ada makam yang ambles.

"Alhamdulillah sih kita minta tolong tadi langsung dikerjakan. Harapannya, semoga tanahnya nggak ambles lagi. Mungkin bisa disiram tiap hari biar kuat. Sama buat TPU bisa ngabarin lebih dulu, jangan tunggu minta tolong baru perbaikin," jelas Ginas.

TPU Rorotan Jakarta Utara.TPU Rorotan, Jakarta Utara, ambles (Faiz/detikcom)

Sementara itu, Chandra asal Tangerang mengetahui ada makam yang ambles dari pemberitaan di media. Makam istrinya ambles tapi sudah diperbaiki.

"Saya ke sini dua minggu yang lalu, nengok, masih normal makam. Tadi pagi lihat berita langsung ke sini. Ya kalau di sini ya maksudnya pelayanan kalau saya bilang sangat bagus. Dari awal meninggal sampai prosesi pemakaman cepat. Pokoknya nggak sampai 30 menit selesai," jelas dia.

"Mungkin yang belum diperhatikan tuh, informasi dari TPU ke pihak keluarga atau ahli waris. Jadi harus datang dan cari sendiri. Kan kalau (kami) dikabari, enak koordinasinya," tutur Chandra.

Sebelumnya, Pemprov DKI menjelaskan ada 10 petak makam di TPU Rorotan yang ambles. Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan hal ini terjadi lantaran adanya pelapukan peti jenazah COVID-19.

"Hal ini lumrah terjadi, bukan hanya pada pemakaman khusus COVID-19, tetapi juga pada pemakaman biasa, terutama yang menggunakan peti jenazah," kata Suzi dalam keterangan tertulis.

Suzi mengakui lahan pemakaman di TPU Rorotan ini bekas kawasan rawa. Kendati demikian, dia memastikan potensi amblesnya kecil.

"Sudah dilakukan pengurukan dan pemadatan tanah menggunakan alat berat sehingga potensi amblesnya kecil," jelasnya.

Pemprov DKI akan melakukan pengecekan rutin untuk mengantisipasi terulangnya kejadian makam ambles. Ketika didapati tanah ambles, akan langsung dilakukan perbaikan.

(idn/hri)