Gubernur Sumsel Minta Tambah Stok Vaksin COVID, Kemkes: Distribusi Bertahap

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 08:53 WIB
The hands in blue glove of the scientist hold the processor
Ilustrasi vaksin COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/Alernon77)
Jakarta -

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru meminta pemerintah pusat menambah stok vaksin Corona di wilayahnya. Kemenkes mengatakan vaksin yang tersedia sesuai dengan yang diterima dari produsen.

"Seperti kita ketahui vaksin yang tersedia sesuai dengan vaksin yang diterima dari produsen," ujar juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi kepada wartawan, Selasa (31/8/2021).

Nadia mengatakan saat ini jumlah vaksin yang baru diterima sebanyak 30 persen. Jadi, menurutnya, belum bisa dilakukan vaksinasi untuk seluruh sasaran masyarakat.

"Memang jumlah vaksin yang baru kita terima adalah 30 persen, sehingga memang kita tidak bisa melakukan vaksinasi untuk seluruh sasaran masyarakat," kata Nadia.

Namun dia mengatakan distribusi vaksin akan dilakukan secara bertahap setiap minggu. Indonesia sendiri disebut masih akan menerima vaksin sampai Desember mendatang.

"Distribusi vaksin akan dilakukan bertahap setiap minggunya dan perlu koordinasi dengan TNI dan Polri dalam pelaksanaan vaksinasi," tuturnya.

"Iya (dilakukan bertahap) karena kita masih akan terima vaksin sampai Desember 2021," sambungnya.