Oknum Dinas Kebersihan Palembang Curi Motor Roda 3 Pakai Truk Sampah

Prima Syahbana - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 16:44 WIB
Oknum PLH sopir Dinas Kebersihan Palembang ditangkap karena mencuri motor roda tiga. Dia berkomplot dengan temannya yang residivis narkoba. (Prima S/detikcom)
Foto: Oknum PLH sopir Dinas Kebersihan Palembang ditangkap karena mencuri motor roda tiga. Dia berkomplot dengan temannya yang residivis narkoba. (Prima S/detikcom)
Palembang -

Erlan Efriadi (27), seorang sopir truk pengangkut sampah pekerja harian lepas (PHL) di Dinas DLHK Palembang, Sumatera Selatan (Sulsel) ditembak polisi. Dia bersama dua rekannya, Muhamat Adri (18) dan Dopi Yupiter (27) terlibat pencurian motor roda tiga yang dimasukkan ke truk sampah.

"Benar, satu dari ketiga pelaku merupakan PHL di Dinas Kebersihan," kata Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel, Kompol Christoper Panjaitan, di Mapolda Sumsel, Selasa (31/8/2021).

Cristoper mengaku, ketiga pelaku terpaksa ditembak petugas karena melawan saat hendak ditangkap di tempat berbeda di Palembang, Senin (30/8) malam kemarin. Penangkapan dilakukan oleh Unit III pimpinan Kanit AKP I Putu Suryawan.

"Semuanya terpaksa diberikan tindakan tegas terukur karena mencoba melawan anggota saat akan ditangkap," katanya.

Berkomplot dengan Residivis Narkoba

"Satu orang tersangka bernama Dopi Yupiter merupakan otak aksi pencurian tersebut, dia juga merupakan mantan narapidana kasus narkoba yang pernah ditahan selama 6 tahun. Dia juga merupakan DPO kita dalam kasus 365 KUHP beberapa waktu lalu," ungkapnya.

Oknum PLH sopir Dinas Kebersihan Palembang ditangkap karena mencuri motor roda tiga. Dia berkomplot dengan temannya yang residivis narkoba. (Prima S/detikcom)Barang bukti motor roda tiga yang dicuri (Prima S/detikcom)

Aksi pencurian terjadi pada Senin (30/8) sekitar pukul 04.00 WIB di Jalan Yusuf Singadekane, Kelurahan Keramasan, Kertapati, Palembang.

"Komplotan ini melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan berupa 1 unit motor roda 3 jenis Kaisar warna merah hitam milik korban, yang mana motor tersebut diparkirkan korban di pinggir jalan di daerah Musi II Palembang, dan dimasukkan ke dalam mobil truk sampah yang dikemudikan pelaku Erlan," katanya.

Dari laporan tersebut, polisi menyelidiki dan mendapatkan informasi para pelaku ingin menjual motor hasil curian di kawasan Sukarela, Sukarami, Palembang.

"Saat anggota menuju TKP, ternyata benar tersangka tertangkap tangan sedang melakukan transaksi penjualan unit motor, ketiga tersangka dilakukan penangkapan pada saat ingin diamankan,"

Selain menangkap ketika tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti 1 unit motor roda tiga, 1 unit mobil, dan sebuah kunci T.

"Atas perbuatannya ketiganya kini ditahan dan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan," tutupnya.

(jbr/jbr)