Syarat Penerbangan PPKM Level 3, Cek Selengkapnya di Sini!

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 19:14 WIB
Syarat Penerbangan PPKM Level 3, Cek Selengkapnya di Sini!
Syarat Penerbangan PPKM Level 3, Cek Selengkapnya di Sini! (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Syarat penerbangan PPKM level 3 perlu diketahui oleh warga yang hendak bepergian menggunakan pesawat. Aturan terbaru dari pemerintah berlaku pada 31 Agustus-6 September 2021.

Seperti diketahui, PPKM di Jawa Bali saat ini masih diperpanjang. Ada daerah yang berstatus PPKM level 4, level 3, maupun level 2. Perpanjangan PPKM ini sebelumnya disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pemerintah memutuskan (perpanjangan PPKM) mulai tanggal 31 Agustus hingga 6 September," kata Jokowi dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/8/).

Pemerintah pun sudah mengatur syarat penerbangan PPKM level 3. Aturan ini dimuat dalam Inmendagri Nomor 38/2021. Setidaknya, terdapat tiga aturan pokok yang disiapkan pemerintah. Apa saja syarat penerbangan PPKM level 3? Simak ulasan di bawah ini.

Syarat Penerbangan PPKM Level 3: Harus Sudah Vaksin

Syarat penerbangan PPKM level 3 mewajibkan penumpang pesawat sudah divaksinasi. Setidaknya, penumpang sudah mendapat dosis vaksin pertama.

Saat akan terbang, penumpang wajib menginstal aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi itu untuk mencegah pemalsuan hasil tes dan sertifikat vaksinasi.

Syarat Penerbangan PPKM Level 3, Cek Selengkapnya di Sini!Syarat Penerbangan PPKM Level 3, Cek Selengkapnya di Sini! (Grandyos Zafna/detikcom)

Syarat Penerbangan PPKM Level 3: Tes Corona

Aturan ini berlaku untuk penumpang pesawat antardaerah di dalam Jawa Bali. Ada perbedaan syarat bagi penumpang yang sudah divaksinasi 1 dosis atau 2 dosis, yaitu:

  1. Vaksin dosis 1: wajib menunjukkan hasil tes PCR negatif H-2
  2. Vaksin dosis 2: dapat menunjukkan hasil tes antigen negatif H-1

Syarat Penerbangan PPKM Level 3: Wajib Memakai Masker

Pemerintah mewajibkan penumpang untuk menggunakan masker meski di dalam pesawat. Penggunaan masker secara baik dan benar menjadi syarat penerbangan PPKM level 3, sehingga penumpang perlu menyiapkan masker pengganti selama di dalam pesawat.

Sejak adanya syarat penerbangan PPKM level 3, penggunaan face shield tidak dianjurkan. Penumpang terlebih dahulu harus memakai masker baru kemudian melapisinya dengan face shield.

Simak video 'Perhatikan! Aturan Terbaru PPKM Level 3 di Jawa dan Bali':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)