3 Pertemuan Jokowi Sepekan Terakhir Bahas COVID hingga Ibu Kota Baru

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 31 Agu 2021 10:39 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan para pimpinan parpol koalisi, ketua lembaga, hingga tokoh agama dalam sepekan terakhir. Topik pembahasan pertemuan tersebut mulai dari penanganan COVID-19 hingga pembangunan Ibu Kota Negara baru.

Jokowi Bertemu Pimpinan Parpol Koalisi

Dirangkum detikcom, Selasa (31/8/2021), Jokowi bertemu dengan 7 pasang ketum-sekjen parpol pendukungnya pada Rabu (25/8). Isi pertemuan tersebut kemudian dijabarkan oleh Sekjen NasDem Johnny G Plate. Dia mengatakan pertemuan digelar dalam suasana yang santai tapi fokus. Di ujung pertemuan, ada acara makan malam bersama.

Ketum-sekjen parpol yang hadir adalah:

- Megawati Soekarnoputri dan Hasto Kristiyanto (PDIP)
- Surya Paloh dan Johnny G Plate (NasDem)
- Prabowo Subianto dan Ahmad Muzani (Gerindra)
- Airlangga Hartarto dan Lodewijk Freidrich Paulus (Golkar)
- Muhaimin Iskandar dan Hasanuddin Wahid (PKB)
- Suharso Monoarfa dan Arwani Thomafi (PPP)
- Zulkifli Hasan dan Eddy Soeparno (PAN)

Ada lima topik pembicaraan yang disampaikan Presiden Jokowi kepada para ketum-sekjen parpol, yaitu:

1. Perkembangan dan evaluasi penanganan COVID. Jokowi menjabarkan capaian-capaian, tantangan-tantangan, dan benchmark-benchmark yang dilakukan pemerintah.

2. Perekonomian nasional. Jokowi menjabarkan capaian-capaian dan tantangan-tantangan ekonomi nasional.

3. Strategi ekonomi dan bisnis Negara. Jokowi meminta dukungan untuk berpindah dari ekonomi konsumtif ke ekonomi produktif, khususnya sektor pertambangan, pertanian, dan ekonomi hijau.

4. Ketatanegaraan, otonomi daerah, dan sistem pemerintahan. Jokowi menjabarkan perlunya evaluasi sistem otonomi daerah dan perundangan yang saat ini dirasa menyulitkan dalam hal mengambil keputusan di situasi kritis.

5. Soal ibu kota baru. Jokowi menjabarkan perlunya ibu kota negara baru. Namun pemindahan perlu dilakukan dengan legislasi primer yang memadai.

Johnny menyampaikan para sekjen diminta menindaklanjuti topik-topik yang telah dibahas secara lebih teknis.

"Khususnya dalam proses-proses politik untuk menghasilkan legislasi, review, amandemen, perubahan-perubahan peraturan," ujar Johnny.

Jokowi Bertemu Pimpinan Lembaga Negara

Setelah itu, Jokowi bertemu dengan beberapa pimpinan lembaga tinggi negara di Istana Negara, Jakarta. Salah satunya Ketua DPR RI Puan Maharani.

"DPR RI memberikan apresiasi dan dukungan atas upaya pemerintah dalam bertindak cepat untuk mengatasi pandemi dan dampaknya pada bidang kesehatan, sosial, ekonomi, dan budaya," kata Puan dalam keterangan tertulis, Jumat (27/8).

Puan mengatakan, dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan perkembangan penanganan pandemi COVID-19, termasuk program vaksinasi nasional. Terkait dengan vaksinasi, Indonesia saat ini berada di peringkat ke-7 negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia.

"Semangat gotong royong dalam menghadapi COVID-19 sangat dibutuhkan. DPR akan terus membantu penanganan pandemi COVID-19 yang dilakukan pemerintah demi penyelamatan rakyat. Saatnya semua elemen bangsa bersatu melawan musuh bersama ini," kata Puan.

Selain itu, kata Puan, Jokowi membahas pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang telah berjalan dalam beberapa bulan terakhir. Kebijakan PPKM dinilai berhasil menekan lonjakan kasus COVID-19.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.