Ketua Majelis Hakim Kasus First Travel Dilantik Jadi Kabiro Hukum MA

Andi Saputra - detikNews
Senin, 30 Agu 2021 20:19 WIB
Pelantikan Sobandi menjadi Kabiro Hukum dan Humas MA dan sejumlah pejabat lainnya, Senin (30/8/2021).
Pelantikan Sobandi menjadi Kabiro Hukum dan Humas MA dan sejumlah pejabat lainnya. (Dok. Istimewa)

Siapakah Sobandi? Nama Sobandi mulai familiar di publik saat mengadili kasus travel umrah First Travel di PN Depok. Selaku Ketua PN Depok, ia mengadili tiga terdakwa kasus First Travel, yaitu Andika Surachman dan istrinya, Anniesa Hasibuan.

Sobandi dan hakim anggota lainnya memutuskan menjatuhkan pidana penjara kepada Andika dan Anniesa masing-masing 20 tahun dan 18 tahun penjara.

Tidak lama setelah mengetok bersalah trio First Travel, Sobandi dipromosikan menjadi Ketua PN Denpasar. Salah satu kasus yang menonjol yang ditanganinya adalah kasus pemalsuan akta autentik dengan korban pengusaha Tomy Winata dengan pelaku Harijanto Karjadi.

Sobandi selaku ketua majelis menyatakan Harijanto Karjadi telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menggunakan akta autentik yang dipalsukan dan menjatuhkan pidana ke Harijanto Karjadi dengan pidana penjara selama 2 tahun.

Putusan Sobandi sempat dianulir Pengadilan Tinggi (PT) Denpasar. Tapi di tingkat kasasi, Harijanto kembali dinyatakan bersalah dan dihukum 2 tahun penjara.

Dari Denpasar, Sobandi dilantik menjadi Wakil Ketua PN Jakpus Juli 2021.

Sobandi juga pernah menjadi Ketua PN Sekayu dan PN Rantau Parapat, Sumatera Selatan (Sumsel). Saat menjadi Ketua PN Sekayu, Sobandi menjatuhkan hukuman mati kepada terdakwa Reno pada 2015. Sebab, Reno telah tiga kali membunuh, yang terakhir membunuh istrinya sendiri yang tengah hamil 8 bulan sehingga total yang dibunuh Reno berjumlah 4 orang. Membunuh istrinya dilakukan dengan sadis di depan anak kedua mereka yang berusia 5 tahun.


(asp/zak)