Menguak Asal-usul Situs Gunung Padang Lewat Rumah Digital Indonesia

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 30 Agu 2021 16:36 WIB
Situs Gunung Padang (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)
Situs Gunung Padang (Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)
Jakarta -

Indonesia memiliki banyak jejak arkeologi peradaban manusia, salah satunya situs Gunung Padang. Situs prasejarah yang terletak di Cianjur, Jawa Barat, itu menyimpan sejuta misteri kehidupan purbakala.

Padang dalam nama Gunung Padang berarti terang benderang. Namun ada juga pengertian lain dari istilah Padang yang disandang gunung itu. Pa berarti tempat, da berarti besar/agung, dan hyang yang berarti eyang/moyang/leluhur. Ketiga makna itu membuat Padang diartikan sebagai tempat agung para leluhur.

Penemuan situs Gunung Padang tercatat sejak 1891. Kala itu, peneliti dari Belanda sudah menyebutkan nama Gunung Padang dalam tulisannya. Namun kala itu mereka hanya mencatat 4 teras di situs Gunung Padang. Saat ini tercatat ada 5 teras di situs Gunung Padang.

Situs Gunung Padang memang sangatlah menarik. Tak hanya mengandung budaya, situs yang dikelilingi bukit dan gunung ini juga mengandung kegeologian. Sebab, berdasarkan penelitian geologi, Situs Gunung Padang diyakini berada di tengah kaldera, yaitu sisa dari gunung api yang sudah mati.

Situs Gunung Padang diduga kuat sebagai tempat pemujaan leluhur, tempat upacara pada masa itu. Dugaan itu didasarkan pada hasil ekskavasi yang dilakukan arkeolog Indonesia. Karena itu, Situs Gunung Padang diyakini masuk ras Austronesia yang memiliki tradisi pemujaan leluhur yang biasanya dilakukan di tempat-tempat yang tinggi.

Situs Gunung Padang (Foto: Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)Situs Gunung Padang (Tangkapan layar video di Rumah Digital Indonesia)

Temuan-temuan itulah yang kemudian membuat Situs Gunung Padang dianggap mengandung harta Karun yang luar biasa. Sebab, situs itu menunjukkan bagaimana nilai-nilai luhur yang ada di tengah masyarakat di masa lalu untuk masa kini.

Penasaran dengan asal-usul Situs Gunung Padang? Yuk tonton videonya di Rumah Digital Indonesia.

Caranya, buka www.rumahdigitalindonesia.id, klik peta, lalu pilih Kemudian, klik peta dan Ruang Komunitas. Video 'Situs Gunung Padang' itu bisa kamu temukan di Cerita Indonesia.

Oh, iya, selain 'Situs Gunung Padang', masih banyak konten menarik di Rumah Digital Indonesia yang akan hadir selama bulan kemerdekaan untuk menemanimu merayakan kemerdekaan di rumah saja lho. Karena itu, segera kunjungi Rumah Digital Indonesia, yuk!

(mae/fjp)