Melihat Perayaan HUT ke-76 RI di Rutan-Lapas Lewat Rumah Digital Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 22:37 WIB
Perayaan HUT ke-76 RI di Rutan-Lapas.
Foto: Dok. Rumah Digital Indonesia
Jakarta -

Warga binaan rutan dan lapas ikut memeriahkan perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI). Para pengelola rutan dan lapas memfasilitasi kegiatan-kegiatan tersebut.

Di Lapas Polewali, Sulawesi Barat, para warga binaan mengikuti berbagai perlombaan 17-an. Warga binaan ikut lomba khas 17-an. Selain itu, mereka melakukan flashmob bersama-sama.

Perayaan HUT ke-76 RI di Rutan-LapasPerayaan HUT ke-76 RI di Rutan-Lapas Foto: Dok. Rumah Digital Indonesia

Di Rutan Majene, Sulawesi Barat, warga binaan diberikan kepercayaan menjadi pengibar bendera merah putih, dan pemimpin upacara.

Sementara itu, warga binaan di Lapas Sumbawa punya cara sendiri memaknai kemerdekaan. Bagi mereka, pembinaan dari petugas lapas, seperti bertani, beternak, dan budidaya madu, adalah bentuk kemerdekaan yang patut disyukuri.

"Bagi kami kemerdekaan adalah kesempatan untuk mengekspresikan diri dengan berkarya, berkreasi menyalurkan minat dan bakat atau keterampilan lain. Walau raga kami terpenjara, kreativitas harus tetap merdeka," kata seorang warga binaan Lapas Sumbawa, seperti dalam keterangan dari Rumah Digital Indonesia, Sabtu (28/8/2021).

Kegiatan pembinaan itu dibuat dalam klaster-klaster kegiatan, seperti klaster pertanian,d peternakan, dan klaster budidaya madu trigona. Mereka pun diajarkan mengemas produk pertanian, peternakan, dan budidaya tersebut, lalu dijual melalui marketplace.

"Klaster-klaster tersebut adalah sarana bagi kami dalam menikmati kemerdekaan," kata warga binaan tersebut.

Lomba 17-an juga digelar lapas Lhoknga, Aceh; Lapas Pangkal Pinang, Bangka Belitung; dan lapas-rutan lainnya. Berbagai perayaan kemerdekaan yang dilakukan para warga binaan rutan-lapas bisa disaksikan di Rumah Digital Indonesia.

Caranya, buka www.rumahdigitalindonesia.id, lalu klik peta dan pilih Ruang Komunitas. Video perayaan kemerdekaan warga binaan bisa disaksikan di Cerita Kemerdekaan.

(aik/aik)