Massa Pendukung HRS Bubar, Lalin di Cempaka Putih Jakpus Dibuka Lagi

Zunita Putri - detikNews
Senin, 30 Agu 2021 14:10 WIB
Situasi di Cempaka Putih Usai Massa Pendukung HRS Bubar
Situasi di Cempaka Putih Usai Massa Pendukung HRS Bubar (Zunita/detikcom)
Jakarta -

Polisi yang berjaga di Pengadilan Tinggi (PT) DKI mulai membuka kawat duri yang membatasi akses masuk jalur lambat di depan PT DKI. Akses jalan di depan Pengadilan Tinggi DKI juga sudah mulai dibuka.

Pantauan detikcom, pukul 13.54 WIB, di Jalan Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (30/8/2021), kawat duri perlahan-lahan sudah digulung polisi. Kawat berduri itu digulung dan langsung diangkut mobil.

Kendaraan roda dua juga sudah bisa melintas di depan pengadilan tinggi. Sebelumnya, jalur lambat ini ditutup oleh polisi karena ada putusan banding Habib Rizieq dalam kasus swab RS Ummi.

Lalu lintas juga terpantau ramai lancar. Di jalur cepat kendaraan roda empat, ada kemacetan sedikit tapi tidak lama.

Meski begitu, beberapa kendaraan taktis kepolisian masih berjaga di lokasi tapi tidak sebanyak seperti awal. Beberapa polisi juga masih ada yang berjaga.

Diketahui, massa pendukung Habib Rizieq Shihab menggelar demo terkait putusan banding kasus swab RS Ummi, Bogor. Massa melakukan long march dari arah perempatan Coca Cola hendak menuju ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Cempaka Putih, Jakpus.

Aksi demo itu terjadi sekitar pukul 11.30 WIB, massa datang berjalan kaki menuju PT DKI Jakarta. Lalu lintas saat itu tampak tersendat.

Belasan orang juga diamankan dari peristiwa ini. Ada simpatisan yang kepalanya terluka juga diamankan.

(zap/knv)