Sejumlah Polisi Terkena Lemparan Batu di Demo Pendukung HRS di Jakpus

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 30 Agu 2021 13:42 WIB
Demo pendukung HRS di Cempaka Putih ricuh, sejumlah orang diamankan polisi (Zunita/detikcom)
Demo pendukung HRS di Cempaka Putih ricuh, sejumlah orang diamankan polisi. (Zunita/detikcom)
Jakarta -

Demo massa pendukung Habib Rizieq Shihab di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, berakhir ricuh. Sejumlah polisi dikabarkan terluka.

Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyanto mengatakan sejumlah anggotanya terluka akibat terkena lemparan batu.

"Anggota banyak yang terluka ini dilempar batu," kata Setyo saat dihubungi detikcom, Senin (30/8/2021).

Kericuhan itu terjadi di lampu merah Cempaka Putih. Awalnya pihak kepolisian mencoba membubarkan massa. Namun, pendukung Rizieq justru melempari polisi dengan batu.

"Kita imbau untuk bubar malah dilempar batu," ungkap Setyo.

Setyo tidak memerinci jumlah anggotanya yang terluka. Namun dia menyebut sejumlah pendukung Habib Rizieq kini telah diamankan di Polda Metro Jaya.

"Ada beberapa ya (polisi terluka) dilempar batu kena helm. Kendaraan mereka kita amankan semua dibawa ke Polda," jelas Setyo.

15 Orang Diamankan

Untuk diketahui, polisi mengamankan sejumlah pendukung Habib Rizieq usai kericuhan saat menghadiri sidang banding di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Total ada 15 orang yang diamankan polisi.

"Ada dibawa ke Polda Metro 15 orang ya," kata Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyanto saat dihubungi detikcom, Senin (30/8/2021).

Ke-15 orang tersebut diamankan dengan sejumlah peran. Salah satunya penyerangan dengan melempar batu ke arah polisi yang berjaga.

"Tadi ada yang nutup jalan, lempar batu Kita imbau bubar untuk mundur kita kasih tahu pengumuman udah selesai. Kita persuasif kok," katanya.

Polisi kini masih berjaga di seputar lokasi Pengadilan Tinggi Jakarta. Namun, Wisnu memastikan kondisi di lokasi mulai kondusif.

"Udah nggak ada, udah lancar lalu lintas. Tadi kan nutup jalan," pungkas Setyo.

(ygs/mea)