Banjir Bandang Terjadi di Sigi Sulteng Akibat Curah Hujan Tinggi

Mohammad Qadri - detikNews
Minggu, 29 Agu 2021 21:27 WIB
Basarnas siapkan perahu untuk evakuasi
Basarnas siapkan perahu untuk evakuasi (Foto: dok. Istimewa)
Sigi -

Curah hujan dengan intensitas tinggi terjadi di beberapa wilayah di Sulawesi Tengah mengakibatkan banjir bandang disertai lumpur serta gelondongan kayu. Dua dusun di Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan terdampak.

Dari informasi yang diperoleh, saat ini banjir bandang yang terjadi di Desa Rogo belum surut. Lumpur dan gelondongan kayu melanda rumah warga serta melumpuhkan arus lalu lintas di Desa Rogo.

"Banjir terjadi sekitar pukul 8 malam. Situasi saat ini masih hujan, saya berada di TKP bersama warga. Ada 2 dusun yang terdampak, yaitu Dusun 1 dan Dusun 4. Namun yang cukup parah itu adalah Dusun 1," kata Kepala Desa Rogo Fuad Hudin, saat dihubungi detikcom, Minggu (29/8/2021) sekitar pukul 21.00 Wita.

Fuad mengatakan bahwa pihaknya bersama aparat desa lainnya belum bisa memastikan jumlah warga dan rumah yang terdampak akibat banjir bandang tersebut. Dia menyebut Sungai Rugo meluap dan tanggul jebol.

"Kami masih menunggu alat berat untuk bisa membuka akses jalan. Untuk data yang real belum bisa kita berikan karena situasi saat ini tidak memungkinkan untuk bisa bepergian ke dusun 1. Namun data sementara yang kami terima Sungai Rogo meluap serta tanggul jebol," ucapnya.

Sementara itu, Tim Basarnas beserta BPBD Sulteng sedang mempersiapkan kebutuhan SAR guna menuju ke lokasi banjir bandang untuk melakukan evakuasi.

(eva/eva)