Cerita Warga Kena Macet Parah di Puncak Semalam: Didominasi Pelat B

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 29 Agu 2021 13:35 WIB
Lalin Puncak Bogor Macet 30 Oktober
Ilustrasi lalu lintas ke puncak macet. (Sachril/detikcom)
Bogor -

Lalu lintas arah Puncak, Bogor, Jawa Barat, dilaporkan macet parah semalam. Seorang warga bernama Toriq menyebut kemacetan sudah terjadi di Gadog.

"Lumayan padat dari keluar tol Gadog dan kebanyakan yang melintas jalur puncak pelat B kebanyakan," ujar Toriq kepada detikcom, Minggu (29/8/2021).

Kala itu, Toriq hendak pulang ke rumahnya di Jalan Raya Puncak, dekat pom bensin Cibogo. Perjalanan yang normalnya hanya membutuhkan waktu 5 menit kini ditempuh hampir setengah jam.

"Lumayan dari Gadog sampai rumah, makan waktu 30 menit yang tadinya cuma 5 menit," tuturnya.

Toriq mengetahui Bogor menerapkan PPKM level 3. Ia sangat bersyukur karena dengan turunnya level PPKM, roda perekonomian di jalur puncak bisa bergerak lagi.

"Satu sisi yang usaha usaha di jalur Puncak sudah tidak merasa sepi untuk penghasilan hariannya, satu sisi warga pun mulai bosan dengan PPKM, satu sisi aturan pemerintahnya sendiri kurang jelas, kalau saya pribadi sih ya tidak masalah sama sekali yang terpenting kan ekonomi masyarakat, khususnya jalur Puncak, sudah mulai membaik," jelasnya.

Sementara itu, warga lainnya, Putri, bercerita ia terjebak macet saat berkendara dari Cianjur ke Bekasi. Kala itu ia terjebak macet hampir 2 jam.

"Saya kejebak macet dengan kendaraan bermotor sekitar 2 jam tapi tidak di satu titik, rata-rata kemacetan berada di titik pertigaan keluar bukit pelangi, pertigaan keluar Pasir Angin, Sentul, itu benar-benar stuck nggak jalan karena yang naik ke Puncak sangat padat," tutur Putri.

Sama seperti Toriq, Putri menyebut kendaraan didominasi pelat B. "Puncak hampir 95% dipenuhi pelat B," lanjutnya.

Menurutnya, kemacetan terjadi karena warga sudah jenuh berbulan-bulan di rumah. Kemacetan yang terjadi pada Sabtu (28/8), terang Putri, berbeda dari biasanya.

"Seperti (kemacetan) mudik Lebaran, tapi saya lihat mereka juga masih tetap menjaga 3M saat di puncak kecuali di tempat makan," jelasnya.

Simak juga Video: Penampakan Macetnya Puncak Saat Malam Minggu di Tengah PPKM

[Gambas:Video 20detik]



(isa/imk)