Tak Patuhi Gage, Pelat Mobil 'RFY' Nyelonong di Penyekatan Bundaran Senayan

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 29 Agu 2021 09:27 WIB
Penyekatan ganjil genap di Bunaran Senayan, Jakarta, Minggu (29/8/2021). Ada pelat RFY yang lolos penyekatan.
Mobil dengan pelat 'RFY' nyelonong melanggar aturan ganjil-genap. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Mobil pelat 'RFY' lolos dari penjagaan petugas saat pemberlakuan ganjil-genap (gage) di titik Bundaran Senayan, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. Mobil tersebut terlihat tak dihalangi petugas saat hendak melintasi titik ganjil-genap.

Pantauan detikcom pukul 08.40 WIB, Minggu (29/8/2021), di lokasi, terlihat mobil tersebut dengan bebas melintasi Jalan Jenderal Sudirman. Padahal, hari ini merupakan pemberlakuan terhadap mobil berpelat ganjil.

Terlihat mobil bermerek Pajero Sport Exceed keluaran tahun 2017 tersebut memiliki pelat bernomor genap. Mobil tersebut memiliki pelat B-1112-RFY.

Sopir dari mobil tersebut juga tak mengindahkan aturan ganjil-genap yang kini berlaku. Terlihat dia melajukan mobilnya dengan kencang saat melintasi titik ganjil-genap Bundaran Senayan.

Seperti diketahui, mobil yang menggunakan awalan 'RF' merupakan mobil dinas kepemilikan pejabat. Namun, hingga kini belum diketahui mobil tersebut dikendarai oleh siapa.

Kemudian, tak sedikit juga mobil berpelat genap yang nekat menerobos titik ganjil-genap meskipun sudah dihalau petugas. Namun tak sedikit juga pengendara mobil berpelat genap yang mengikuti aturan petugas dengan memutarbalikkan kendaraannya dan tak melintasi Jalan Jenderal Sudirman.

Penyekatan ganjil genap di Bunaran Senayan, Jakarta, Minggu (29/8/2021). Ada pelat 'RFY' yang lolos penyekatan.Penyekatan ganjil genap di Bundaran Senayan, Jakarta, Minggu (29/8/2021). Ada pelat 'RFY' yang lolos penyekatan. (Karin/detikcom)

Pengendara yang berpelat nomor genap dilarang melintas di Jl Jenderal Sudirman yang menerapkan gage. Mereka dialihkan ke Jl Hang Lekir.

Barier oranye dipasang di tengah jalan sebagai penyekat. Arus lalu lintas di lokasi ramai-lancar. Sesekali lalu lintas terhambat karena mobil berpelat ganjil menanyakan arah kepada polisi.

Sebelumnya, polisi mengurangi kawasan ganjil-genap seiring dengan turunnya status Jakarta ke PPKM level 3. Ganjil-genap kini diberlakukan di tiga ruas jalan utama dengan pertimbangan di lokasi tersebut merupakan kawasan perkantoran.

"Tiga kawasan ini adalah kawasan utama perkantoran di Jakarta, di mana pada masa PPKM level 3 itu juga masih diberlakukan ketentuan esensial dan kritikal (dengan sistem) WFH-WFO, ada yang 50 persen dan sebagainya," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (24/8).

Adapun kawasan yang diberlakukan ganjil-genap (gage) ialah Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, dan Jalan HR Rasuna Said, dari simpang Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, sampai simpang Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Pelat nomor RF tidak kebal ganjil genap. Simak di halaman selanjutnya.

Tonton juga Video: Saat Mobil Komisioner Komnas HAM Kena Ganjil Genap

[Gambas:Video 20detik]