Mantan Wagub Sumbar Nasrul Abit Wafat Akibat Corona, Sandiaga Uno Berduka

Jeka Kampai - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 18:05 WIB
Sandiaga di Pariaman, Jumat (27/8/2021)
Sandiaga Uno saat berada di Sumbar (Sulthan Jeka Kampai/detikcom)
Padang -

Mantan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit meninggal dunia saat dirawat akibat positif Corona atau COVID-19. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ikut berduka atas wafatnya Nasrul Abit.

"Beliau orang baik. Beliau adalah salah satu Dewan Pembina Asosiasi Desa Kreatif Indonesia," kata Sandiaga di kawasan Wisata Saribu Gonjong, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat, Sabtu (28/8/2021).

Sandiaga mengatakan banyak pihak yang merasa kehilangan sosok Nasrul Abit. Dia mengatakan Nasrul Abit adalah orang yang lemah lembut.

"Beliau sosok yang lemah lembut. Orang yang sangat memiliki suatu kepedulian terhadap ekonomi, lapangan kerja, dan kesejahteraan masyarakat Sumatera Barat. Beliau dekat dengan masyarakat," katanya.

"Saya sangat bersedih. Hari ini seluruh masyarakat Sumatera Barat dan kami di Partai Gerindra, kebetulan kami sama-sama kader di Gerindra, sangat berduka. Semoga beliau husnul khotimah, dilapangkan kuburnya," tambah Sandi.

Gubernur Sumbar Mahyeldi juga mengenang sosok Nasrul Abit sebagai kakak yang tidak pelit berbagi ilmu. Dia mengatakan hal itu saat melepas jenazah Nasrul Abit di Air Haji, Pesisir Selatan.

"Perannya untuk Sumatera Barat tidak akan terlupakan sepanjang hayat masih dikandung badan," katanya.

Dia juga menyampaikan dukacita mendalam atas nama Pemprov dan rakyat Sumbar. Menurutnya, Nasrul Abit merupakan salah satu putra terbaik Sumbar.

"Pak Nasrul Abit merupakan salah seorang putra terbaik Sumbar dari Pesisir Selatan. Kita berduka, semoga Pak Nasrul Abit ditempatkan terbaik di sisi Allah SWT dan yang ditinggalkan dapat tabah dan sabar," kata dia.

Dilansir dari Antara, Sabtu (28/8), Nasrul Abit mengembuskan napas terakhir pada pukul 01.39 WIB di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil, Padang, setelah hampir sepekan dirawat akibat positif Corona.

Nasrul Abit terpilih menjadi Wakil Gubernur Sumbar mendampingi Irwan Prayitno pada periode 2016-2021. Sebelumnya, dia menjabat Bupati Pesisir Selatan dua periode pada 2005-2015 dan menjabat Wakil Bupati Pesisir Selatan 2000-2005.

Di dunia politik, Nasrul pernah menjabat Ketua DPD Gerindra Sumbar 2017-2019. Pada Pilkada Gubernur Sumbar 2020, Nasrul maju sebagai calon Gubernur Sumbar berpasangan dengan Indra Catri.

(haf/haf)