Tukang Bakso Viral Ditagih Rp 6 Juta Sebulan di Binjai Dapat Pemutihan Pajak

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 14:58 WIB
Screenshot foto viral soal tukang bakso ditagih pajak Rp 6 juta (dok. Istimewa)
Screenshot foto viral soal tukang bakso ditagih pajak Rp 6 juta (Foto: dok. Istimewa)

Penjelasan Pemko Binjai

Pemko Binjai buka suara soal viral tukang bakso ditagih pajak Rp 6 juta per bulan. Menurut Pemko Binjai, tukang bakso itu bisa melakukan klarifikasi pajak untuk penyesuaian.

Hal itu dijelaskan oleh BPKAD Binjai Affan Siregar. Dia mengatakan pajak yang dipungut ke tukang bakso itu adalah pajak restoran.

"Yang kita bicarakan adalah pajak restoran, bukan pajak penghasilan. Pajak restoran diatur 10 persen dari penjualan dibayar oleh konsumen atau pembeli," kata Affan dalam video penjelasan yang diterima detikcom, Sabtu (28/8).

Dia mengatakan tagihan tersebut disampaikan setelah pihaknya melakukan survei. Meski demikian, dia mengatakan para pedagang yang merasa nilai pajak terlalu besar masih bisa melakukan klarifikasi.

Menurutnya, surat tagihan itu juga disertai pemberitahuan soal mekanisme klarifikasi pajak. Affan menegaskan nilai dalam surat tagihan itu bukan harga mati.

"Surat tagihan kami itu bukanlah suatu harga mati. Itu hanya informasi yang dapat diklarifikasi. Kalau Bapak, Ibu, Saudara, Saudari pemilik restoran merasa itu terlalu besar, tentu dapat diklarifikasi dengan mengisi form," ucapnya.


(haf/haf)