Round-Up

Kembalinya 15 Camat 'Pendukung Jokowi' Setelah Sempat Didemosi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 05:40 WIB
Pelantikan 15 camat di Makassar. (Hermawan/detikcom)
Pelantikan 15 camat di Makassar. (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Belasan camat di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) sempat didemosi usai viral mendukung Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 lalu. Kini jabatan mereka resmi dikembalikan.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto resmi melantik 15 camat tersebut. Dia menyebut pengembalian jabatan ini karena kinerja para camat tersebut sudah terbukti.

Pelantikan digelar di area Anjungan Pantai Losari, Makassar pada Jumat (27/8/2021). Danny percaya kepada 15 camat ini karena sudah berpengalaman.

"Jadi yang pertama camat lama ini kan didemosi dengan alasan tidak jelas, itu yang pertama. Maka hari ini saya melihat bahwa apa yang program menjadi bahagian harus jalan di kecamatan dan di kelurahan tidak berjalan secara maksimal," kata Danny kepada wartawan usai pelantikan.

"Sehingga saya melantik camat yang sudah pernah membuktikan mereka mendapatkan terbaik di kota di Indonesia," imbuhnya.

Menurut Danny, pelantikan camat baru ini merupakan bagian dari program resetting seperti yang pernah dijanjikan dengan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi.

"Resetting mulai kita jalankan dan akselerasi infrastruktur, ini belum kita umumkan. Nanti setelah sudah setengah kami resetting kita akan umumkan apa-apa saja yang kita akan bangun di 2021 dan 2022 dan apa saja kita akan benahi di 2021 ini," kata Danny.

Bagaimana Nasib Camat yang Diganti?

Danny mengatakan akan mengistirahatkan para camat incumbent yang diganti. Dia berjanji pihak yang berprestasi akan terus dipakainya.

"(Camat sebelumnya) untuk sementara kita istirahat kan dulu sambil kita lihat kinerjanya. Karena semua ini masih cair. Ada 24 jabatan yang akan kosong nanti," kata Danny.

"Setelah lelang jabatan sehingga semua orang bisa mendapat kesempatan walaupun hari ini misalnya dia belum dapat jabatan tapi hati-hati kalau dia kerja baik. Saya adalah orang yang profesional, menjunjung tinggi profesionalisme sehingga orang-orang bisa kerja insyaallah saya bisa pakai," lanjut Danny.

4 Instruksi Danny ke 15 Camat

Danny menginstruksikan ke-15 camat yang baru dilantik untuk langsung menunjukkan kinerja di lapangan. Danny lantas memberi empat poin instruksi.

"Jadi kan yang pertama adalah mereka ini harus berkonsolidasi dengan seluruh unsur masyarakat," kata Danny.

Lihat juga video 'Partai Pendukung Jokowi Sambut Kedatangan PAN: Kami Koalisi Terbuka':

[Gambas:Video 20detik]



Siapa saja 15 camat yang baru dilantik tersebut? Simak di halaman selanjutnya.