Kecelakaan Kerja 2 Jari Putus, WN Filipina Dievakuasi di Perairan Sultra

Sitti Harlina - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 02:34 WIB
WN Filipina dievakuasi Basarnas karena mengalami kecelakaan kerja hingga jari tangan putus.
WN Filipina dievakuasi di perairan Sultra (Dok. Istimewa)
Kendari -

Seorang warga negara Filipina bernama Maluyo Delmar Ford (23) dievakuasi oleh tim Basarnas Kendari di sekitar Perairan Saponda, Kabupaten Konawe, Sultra. Maluyo dievakuasi karena mengalami kecelakaan kerja.

Kepala SAR Kendari, Aris Sofingi, mengatakan bahwa pihaknya menerima laporan tentang permintaan bantuan evakuasi medis terhadap satu orang kru kapal Grace Barleria, Jumat (27/8/2021). Ia pun menjelaskan kronologis awal, di mana WN Filipina tersebut terluka.

"Pada tanggal 26 Agustus 2021 pada saat perjalanan dari Australia menuju China sekitar pukul 16.00 WITA korban mengalami cedera akibat kecelakaan kerja di mana 2 jari tangan kanan korban terputus. Korban sempat mendapatkan pertolongan pertama, dikarenakan kondisi luka yang membutuhkan penanganan medis yang serius, pihak kapal menghubungi BCC Jakarta untuk meminta medevac terhadap korban dan diteruskan ke KPP Kendari dikarenakan posisi terdekat untuk melakukan medevac dapat dilakukan dengan cepat melalui KPP Kendari," jelasnya.

Lanjutnya, pada pukul 12.00 WITA berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak agen kapal Grace Barleria, ditentukanlah titik koordinat pertemuan untuk melakukan proses evakuasi medis tersebut di sekitar perairan Pulau Saponda.

"Pada pukul 13.45 WITA tim rescue KPP Kendari, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kendari, KSOP Kendari dan pihak agen kapal diberangkatkan dengan menggunakan KN SAR Pacitan menuju titik penjemputan untuk melaksanakan medevac. Jarak tempuh sekitar 6,9 NM dari dermaga utama Basarnas kendari," bebernya.

Setelah dievakuasi, pada pukul 17.30 korban bersama tim tiba di Dermaga SAR Kendari lalu dibawa menuju RS Hermina Kendari untuk mendapatkan penanganan medis lanjutan.

(rfs/rfs)