detikcom Do Your Magic

Ada Kendala Pindah Tiang Makan Jalan, Apjatel Minta Bantuan Pemkot Tangsel

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 17:21 WIB
Warga menghindari tiang listrik, telepon maupun kabel serat optik yang berada di badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Sabtu (30/5/2020). Tiang tersebut berada di badan jalan usai proyek pelebaran jalan, pertengahan 2018 lalu. Namun hingga kini belum ada proses pemindahan tiang sehingga membahayakan pengguna jalan. Selain itu, keberadaan tiang tersebut membuat pelebaran jalan belum efektif karena ada penyempitan ruang.
Tiang-tiang makan badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangsel. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Asosiasi Penyelenggara Jasa Telekomunikasi (Apjatel) mengatakan anggotanya mulai memindahkan tiang-tiang dari badan jalan di Ciputat Timur. Namun para penyedia jasa utilitas itu menemui kendala di lapangan.

Secara internal, Apjatel membahas pemindahan tiang makan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Ada sekitar 10 provider utilitas anggota Apjatel yang mempunyai sebagian dari tiang-tiang makan badan jalan di Jl WR Supratman itu.

"Tadi ada beberapa kendala teknis juga yang dikeluhkan anggota. Kami butuh bantuan dari pihak Pemerintah Kota Tangerang Selatan," kata Ketua Umum Apjatel Muhammad Arif Angga kepada wartawan, Jumat (27/8/2021).

Jl WR Supratman punya panjang sekitar 4 km. Di antara banyak tiang yang menjorok ke badan jalan, ada kendala ketersediaan ruang bagi tiang baru pengganti sebagian tiang yang nantinya dicabut.

"Ada beberapa ruas yang untuk menggeser sangat sempit ruangnya. Khawatir mepet banget dengan lahan warga," kata Arif.

Warga menghindari tiang listrik, telepon maupun kabel serat optik yang berada di badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Sabtu (30/5/2020). Tiang tersebut berada di badan jalan usai proyek pelebaran jalan, pertengahan 2018 lalu. Namun hingga kini belum ada proses pemindahan tiang sehingga membahayakan pengguna jalan. Selain itu, keberadaan tiang tersebut membuat pelebaran jalan belum efektif karena ada penyempitan ruang.Warga menghindari tiang listrik, telepon, maupun kabel serat optik yang berada di badan jalan di Jl WR Supratman, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Sabtu (30/5/2020). (Ari Saputra/detikcom)

Karena itu, Apjatel meminta bantuan kepada Pemkot Tangsel agar dimudahkan dalam merelokasi tiang-tiang itu. "Minta bantuan berupa izin dan sosialisasi sekitar lokasi," kata Arif.

Masalah 'tiang yang memakan badan jalan' di Jl WR Supratman muncul setelah ada pelebaran jalan itu pada 2018. Setelah jalan diperlebar, tiang tidak ikut digeser ke pinggir. Jadilah tiang itu seolah-olah memakan badan jalan.

Pemkot Tangsel memberi waktu sebulan sejak 20 Agustus lalu bagi para provider untuk memindahkan tiang.

"Jika sampai tanggal 20 September 2021 yang telah disepakati belum ada progres pemindahan instalasi tiang utilitas, maka Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang Selatan akan membongkar secara sepihak," kata Kepala Bidang Bina Marga Budi Rachmat Hidayat, seperti tercantum dalam berita acara rapat 20 Agustus 2021 dari Dinas PU Tangsel. Rapat itu diikuti pihak Pemkot dan para provider utilitas terkait tiang-tiang di Jl WR Supratman.

(dnu/dnu)