Gubernur Lampung Tantang Nadiem, Dede Yusuf Duga Ada Mispersepsi

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 16:55 WIB
Dede Yusuf
Dede Yusuf (Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menantang Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim hingga membawa-bawa frasa nenek moyang terkait persoalan pembelajaran tatap muka (PTM). Wakil Ketua Komisi X Fraksi Demokrat Yusuf Macan Effendi alias Dede Yusuf menilai dari awal memang ada salah persepsi antara Arinal Djunaidi dan Nadiem Makarim.

Dede Yusuf menyebut salah persepsi tersebut ada pada poin 2 SKB 4 menteri terkait pendidikan tatap muka (PTM). Dia menyebut pada poin 2 memang ada penjelasan pemda tidak wajib mengizinkan dilaksanakannya PTM.

"Saya rasa ini masalah mispersepsi saja. Waktu Nadiem bicara di DPR, saya juga menanyakan bahwa pada poin 2 SKB 4 menteri, juga ada keterangan bagi (pendidik dan tenaga kependidikan) yang belum tervaksin lengkap, maka pemda tidak wajib mengizinkan," kata Dede Yusuf saat dihubungi, Jumat (27/8/2021).

Dede Yusuf menilai Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sebetulnya menjalankan SKB 4 menteri tersebut dengan menolak diberlakukannya PTM di provinsinya. Menurutnya, Arinal Djunaidi memang dalam kondisi belum berani memberlakukan PTM di wilayahnya karena vaksinasi yang belum maksimal.

"Jadi wajar juga kalau belum semua tervaksinasi, pemda tidak mengizinkan. Jadi sebenarnya Gubernur Lampung juga menjalankan SKB tersebut, dan belum berani mengizinkan. Karena distribusi vaksin belum maksimal. Dulu kita menganggap, sebelum Juli, vaksin bagi guru dan tenaga pendidikan sudah selesai semua sehingga bisa PTM. Nyatanya sampai sekarang baru 30-40 persen yang sudah tervaksin," ucapnya.

Politikus Partai Demokrat ini melihat permasalahan telat distribusi vaksin pun membuat para kepala daerah akhirnya kebingungan menginterpretasikan aturan SKB 4 menteri tersebut. Terlebih situasi saat ini yang serba-tidak pasti, kata dia, membuat emosi Arinal Djunaidi tersulut.

"Jadi ini memang kalau saya lihat, telatnya distribusi vaksin membuat para pejabat ini bingung menginterpretasikan aturannya. Sayangnya, kadang dalam suasana ruwet, kadang emosi suka naik," ujarnya.

"Saran saya agar minta Mendagri ikut memfasilitasi Mendikbud untuk duduk bersama para gubernur untuk jelaskan interpretasi soal langkah-langkah PTM ini," lanjut dia.

Tonton video 'Tantangan Gubernur Lampung ke Nadiem soal Sekolah Tatap Muka':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.