Komisi X soal Gubernur Lampung Tantang Nadiem: Marah Tak Selesaikan Masalah

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 15:39 WIB
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda.
Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda (Azizah/detikcom)

Di sisi lain, Syaiful meminta protes Gubernur Lampung juga disikapi proaktif oleh Kemendikbud. Dia menyebut Kemendikbud harus memitigasi dan melakukan koordinasi dengan duduk bersama pemda.

"Nah, jadi saya merasa, biar tidak ada kegaduhan, karena dunia pendidikan tidak perlu gaduh saya kira, protes Gubernur Lampung harus disikapi proaktif oleh Kemendikbud, dengan langsung mitigasi-koordinasi. Saya kira itu yang terbaik dan yang lain saya kira kita tahu beban masalahnya yang terjadi di pemda-pemda, tapi lebih baik duduk bersama, tidak perlu reaksi yang saya kira malah bikin kontroversi di ruang publik," tuturnya.

Gubernur Lampung Tantang Nadiem

Untuk diketahui, tantangan itu disampaikan Arinal Djunaidi dalam wawancara dengan sejumlah wartawan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Belleza, Bandar Lampung, Selasa, (24/8) lalu. Saat itu Arinal dimintai tanggapan soal aksi Nadiem meminta tolong ke DPR untuk mendorong penerapan PTM di sejumlah daerah.

Ada 12 daerah yang dilaporkan Nadiem, yang terbanyak memang dari Lampung. Kabupaten-kabupaten di Lampung yang dilaporkan Nadiem ke DPR ialah Pemkab Lampung Tengah, Pemkab Tanggamus, Pemkab Lampung Utara, Pemkab Waykanan, Pemkab Pesawaran, Pemkab Tulang Bawang, dan Pemkab Mesuji.

Kembali ke wawancara Arinal, Ketua DPD Golkar Lampung itu tampak emosional menanggapi pertanyaan soal aksi Nadiem di DPR. Dalam potongan video wawancara yang viral, Arinal bahkan membawa-bawa frasa nenek moyang.

"Persoalannya, baru dua hari yang lalu kita 14 kabupaten selesai zona merah. Nenek moyang dia dari mana bahwa kabupaten itu tidak boleh sekolah. Sampaikan salam saya kepada Nadiem, kalau kamu berani, saya tantang dia," kata Arinal dalam potongan video yang beredar.

Potongan video viral itu sama dengan wawancara yang ditayangkan oleh sejumlah stasiun TV berita nasional, seperti Kompas TV dan tvOne.


(maa/tor)