Round-Up

4 Fakta TKA China di Konawe Kuliti dan Makan Buaya

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 07:06 WIB
Jakarta -

Aksi tenaga kerja asing (TKA) China di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), bikin geleng-geleng kepala. Dia menguliti seekor buaya, lalu memakannya.

Kejadian itu terungkap setelah video aksi menguliti buaya itu beredar viral di media sosial. Adanya peristiwa itu, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra pun turun tangan.

BKSDA Sultra Cek Lokasi

BKSDA Sultra sudah menerima laporan tersebut. BKSDA langsung mengecek lokasi tempat buaya dikuliti.

"Berdasarkan arahan dari kepala balai, kemarin sudah diturunkan tim dan sudah melakukan olah TKP dan dilakukan dokumentasi. Jadi informasi yang kami dapatkan bahwa setelah tim tiba di TKP, tinggal darah buaya yang ditemukan," ujar Kasi Konservasi Wilayah II BKSDA Sultra, Laode Kaida, Kamis (26/8/2021).

Kaida mengungkapkan, mayat buaya secara utuh sudah tidak ditemukan di lokasi kejadian tempat buaya dikuliti. Selain jejak darah buaya, tim juga menemukan beberapa sisa daging buaya yang sudah dimasak.

BKSDA Minta Klarifikasi ke TKA

Kaida mengatakan bahwa rencananya hari ini akan dilakukan klarifikasi kepada TKA yang menguliti buaya tersebut.

"Rencana hari ini (kemarin) akan dipanggil pihak yang mengetahui hal itu (buaya dikuliti TKA) untuk dimintai keterangan setelah itu kami serahkan ke balai Gakkum untuk proses hukumnya," tegasnya.

Simak 2 fakta lagi di halaman selanjutnya: