Surah Al Asr, Peringatan Allah SWT Tentang Merugi

Rahma Indina Harbani - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 07:01 WIB
One day One Hadits dzikir pagi dan petang
Foto: Mindra Purnomo/detikcom/Surah Al Asr, Peringatan Allah SWT Tentang Merugi.
Jakarta -

Surah Al Asr adalah surah yang ke-103 dalam susunan Al Quran dan termasuk dalam juz 30. Al Asr disebut surat pendek karena terdiri dari tiga ayat yang mengandung peringatan dari Allah SWT.

Al-Asr mengingatkan manusia tentang keadaan yang orang-orang merugi. Dinamai Al Asr karena ayat pertama yang berbunyi wal-'aṣr atau demi masa. Surat ini menjadi pengingat soal pentingnya waktu.

Surah Al Asr dan Tafsirnya

Berikut adalah bacaan surah Al Asr ayat 1-3 dan penjelasan lengkap mengenai tafsir setiap ayatnya.

وَالْعَصْرِ

Bacaan latin: wal-'aṣr

1. Artinya: Demi masa

إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ

Bacaan latin: innal-insāna lafī khusr

2. Artinya: sungguh, manusia berada dalam kerugian

إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Bacaan latin: illallażīna āmanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti wa tawāṣau bil-ḥaqqi wa tawāṣau biṣ-ṣabr

3. Artinya: kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Dikutip dari tafsir Kementerian Agama, demi masa yang dimaksud dalam kandungan surah Al Asr ayat 1 sebagai peringatan Allah agar manusia memperhatikan waktu dan memanfaatkannya dengan baik.

Demi masa dalam ayat ini sekaligus menekankan kebesaran Allah SWT atas penciptaan waktu atau masa itu sendiri, seperti pergantian siang dengan malam di bumi hingga umur setiap manusia.

Pada ayat kedua surah Al Asr disebutkan ciri manusia dengan keadaan yang merugi di dunia dan akhirat yaitu, mereka yang tidak menggunakan waktu dengan baik atau dipakai untuk melakukan keburukan.

Ayat terakhir dari surah Al Asr menjelaskan empat golongan orang yang tak merugi. Mereka adalah orang yang beriman, orang yang menjauhi perbuatan maksiat, orang-orang yang saling menasihati dalam kebenaran, dan orang yang menasihati dalam kesabaran.

Semoga kita bukan termasuk dari golongan orang-orang merugi dalam surah Al Asr ini ya, Sahabat Hikmah.

(rah/row)