Golongan Surat At Tin, Pengingat untuk Beramal Sholeh

Rahma Indina Harbani - detikNews
Kamis, 19 Agu 2021 07:30 WIB
Ilustrasi membaca al quran
Foto: Getty Images/iStockphoto/.shock
Jakarta -

Surat At Tin adalah surat ke-95 dalam Al Quran yang memiliki 8 ayat. Lengkapnya, surat At Tin memiliki 34 kata dan 162 huruf yang memiliki banyak muatan positif.

Golongan surat At Tin adalah Makkiyah karena diturunkan di Kota Mekah setelah surat Al Buruuj. Dinamai At Tin karena diawali dengan kata At Tin pada ayat pertamanya, yang bermakna buah tin.

Dikutip dari buku Juz 'Amma Anak Shaleh & Pintar, asbabun nuzul atau sebab turunnya dari surah At Tin ini diceritakan Ibnu Jarir. Dia meriwayatkan dari Al-Ufi dari Ibnu Abbas.

"Ayat ini turun berkenaan dengan beberapa orang di zaman Rasulullah yang dipanjangkan umurnya hingga pikun. Orang-orang lalu bertanya tentang (perkataan dan perbuatan) mereka ketika pikiran mereka tidak lagi berfungsi. Allah lalu menerangkan bahwa mereka mendapatkan pemaafan. Artinya, mereka hanya diganjar dari apa yang mereka kerjakan ketika pikiran mereka masih sehat lagi baik," tulis buku karya Muhammad Ibnu Fajr tersebut.

Menurut tafsir dari Ibnu Katsir, salah satu kandungan dari surat At Tin adalah membahas kebesaran Allah SWT dalam penciptaan surga, dan neraka, dan hari pembalasan. Surat ini menjadi pengingat untuk beriman dan beramal sholeh.

Surat At Tin juga menyebut Allah SWT merupakan hakim yang paling adil. Termasuk dalam menciptakan hari kiamat dan memberi pembalasan bagi orang-orang yang melanggar perintah-Nya.

Berikutnya, bacaan surat At Tin dalam Arab dan latin