Cerita Penyintas Thalassemia Ikut Vaksinasi Pfizer Dosis Pertama di Citos

Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya - detikNews
Kamis, 26 Agu 2021 14:56 WIB
Situasi vaksinasi COVID-19 menggunakan vaksin Pfizer di Cilandak Town Square
Situasi vaksinasi COVID-19 menggunakan vaksin Pfizer di Cilandak Town Square. (Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya/detikcom)
Jakarta -

Dwzl Shaum (21), penyintas thalassemia, mengaku lega lantaran sudah menerima vaksin COVID-19 dosis pertama menggunakan vaksin Pfizer. Sebelumnya dokter tak menganjurkan dirinya divaksinasi lantaran vaksin yang tersedia hanya Sinovac dan Astrazeneca.

"Sebenarnya bukan karena saya pilih-pilih vaksin tapi karena saya punya riwayat penyakit anemia. Anemia itu kurang-lebih sudah dua tahun. Saya sempat didiagnosis thalassemia, jadinya pas saya sempat mau coba vaksin Astrazeneca dan Sinovac itu nggak bisa," kata Dwzl kepada detikcom di Cilandak Town Square (Citos), Kamis (26/8/2021).

Dwzl mengatakan dia buru-buru mendaftar via aplikasi JAKI untuk saat menerima informasi vaksin Pfizer tersedia di Citos. Dia mengatakan telah berkonsultasi dengan dokter spesialis internis soal riwayat penyakit thalassemia dan anemia serta pilihan merek vaksin yang bisa dia terima.

"Saat saya rujuk kata dokter nggak bisa nih pakai Sinovac dan Astrazeneca. Jadi saya terpaksa nggak bisa vaksin dulu, harus tunggu sampai ada Pfizer ini salah satunya," jelas Dwzl.

Dwzl menuturkan dirinya tiba di Citos pukul 08.30 WIB. Kemudian selesai vaksinasi pukul 10.00 WIB.

Dwzl dijadwalkan menerima dosis kedua pada Kamis (16/9).

Situasi vaksinasi COVID-19 menggunakan vaksin Pfizer di Cilandak Town SquareSituasi vaksinasi COVID-19 menggunakan vaksin Pfizer di Cilandak Town Square (Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya/detikcom)

Vaksin Pfizer Juga Diburu Warga yang Mau Umrah

Peserta vaksinasi lainnya, Imas Novia (32), mengaku memburu vaksin Pfizer untuk keperluan ke luar negeri. Imas hendak umrah.

"Saya cari-cari informasi, ternyata nggak semua vaksin itu diterima di semua negara kalau kita ada keperluan visit ke negara lain. Ternyata belum bisa kalau pakai Sinovac dan Astrazeneca. Jadi saya pikir pakai Pfizer aja supaya bisa sekalian kalau mau ke luar negeri," kata Imas.

Dia sengaja menunggu vaksin Pfizer tersedia di Indonesia lantaran pihak biro perjalanan umrah juga menganjurkan dirinya menggunakan vaksin Pfizer. Imas berharap setelah dirinya menerima vaksin Pfizer, berkas administrasinya lengkap dan tak ada kendala saat memasuki Tanah Suci.

"Jadi update informasi yang tercepat kan di sini dan kuotanya juga banyak. Jadi pas saya dapat infonya langsung booking, terus baru ke sini. Kemarin sore daftarnya," kata dia.

Sentra vaksinasi COVID-19 Cilandak Town Square mulai menyediakan vaksin Pfizer bagi masyarakat umum sejak Selasa (24/8). Hari ini sebanyak 500 dosis disediakan bagi masyarakat yang telah mendaftar secara online melalui situs JAKI.

Ini adalah hari ketiga sentra vaksinasi di Citos menyediakan vaksin Pfizer bagi warga. Di hari pertama dan kedua, pihak penyelenggara menyediakan masing-masing 120 dosis vaksin Pfizer.

(aud/aud)