Razia PPKM di Medan, Satgas Temukan Sekolah Berlakukan Tatap Muka

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 26 Agu 2021 14:42 WIB
Satgas COVID-19 melakukan razia PPKM level 4 di Medan, Sumut. Petugas menemukan salah satu sekolah melakukan pelanggaran pembelajaran tatap muka. (Datuk Haris/detikcom)
Satgas COVID-19 melakukan razia PPKM level 4 di Medan, Sumut (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Satgas COVID-19 melakukan razia PPKM level 4 di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Petugas menemukan salah satu sekolah melakukan pelanggaran pembelajaran tatap muka.

Pantauan detikcom, Kamis (26/8/2021), Satgas COVID-19 Kecamatan Medan Barat bersama Satgas Kota Medan merazia di Yayasan Pendidikan Dharmawangsa. Satgas kemudian mendapati beberapa ruang di lantai atas gedung itu ada proses belajar-mengajar. Tampak anak-anak yang belajar memakai pakaian bebas.

"Itu kita dapat laporan dari masyarakat bahwasanya ada kegiatan tatap muka di sekolah Dharmawangsa tadi, jadi kita koordinasi dengan Satgas Kota Medan dalam hal ini Satpol PP Kota Medan untuk bersama-sama datang melakukan razia di lokasi tersebut," kata Camat Medan Barat Rudi F Lubis kepada wartawan, Kamis (26/8/2021).

Rudi menyebutkan, saat tiba di lokasi, pihaknya langsung berbicara dengan pengurus sekolah. Dirinya menyampaikan bahwa saat ini Kota Medan masih berlakukan PPKM level 4 sehingga sekolah tatap muka belum diperbolehkan.

"Namun tadi sudah kita hadir langsung tatap muka dengan Pak Rektor, dan menyampaikan bahwasanya untuk Kota Medan hingga saat ini sesuai Surat Edaran Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution Kota Medan ini masih level 4, jadi untuk pembelajaran tatap muka masih tidak diperbolehkan," ujar Rudi.

Satgas COVID-19 melakukan razia PPKM level 4 di Medan, Sumut. Petugas menemukan salah satu sekolah melakukan pelanggaran pembelajaran tatap muka. (Datuk Haris/detikcom)Petugas menemukan salah satu sekolah melakukan pelanggaran pembelajaran tatap muka. (Datuk Haris/detikcom)

Setelah memberi penjelasan, petugas juga meminta agar kegiatan belajar tatap muka itu dibubarkan. Pengelola pun menyatakan akan patuh.

Rudi mengaku bakal terus memantau setiap sekolah yang berada di Kecamatan Medan Barat. Menurutnya pula, ada juga sekolah yang tampak kucing-kucingan dengan petugas.

"Untuk pelanggaran-pelanggaran yang untuk di sekolah-sekolah terus kita pantau, untuk manakala ada kegiatan tatap muka di lapangan, namun banyak sekali yang ini kucing-kucingan jadi, di depan terkesan ditutup ternyata di dalam ada kegiatan. Jadi kita mengintai untuk lokasi-lokasi objek yang kita curigai melakukan pelanggaran," tegas Rudi.

Simak pernyataan pihak sekolah di halaman selanjutnya.