5 Mukjizat Puasa Senin-Kamis yang Perlu Dipahami Umat Islam

Rahma Indina Harbani - detikNews
Kamis, 26 Agu 2021 14:31 WIB
5 Sunnah Sahur Penuh Berkah dari Rasulullah untuk Lancarkan Puasa
Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Dikutip dari buku Dahsyatnya Puasa Wajib & Sunah Rekomendasi Rasulullah yang ditulis oleh Amirulloh Syarbini dan Sumantri Jamhari, Senin adalah hari kelahirkan Nabi Muhammad SAW. Muhammad lahir pada Senin, 12 Rabiulawal tahun 571 Masehi.

Abu Qatadah RA menceritakan, Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa pada hari Senin. Beliau bersabda,

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

"Itu adalah hari aku dilahirkan, diangkat menjadi Nabi, dan diturunkannya kepadaku Al Quran (pertama kali)," (HR Muslim).

4. Hari Diutusnya Muhammad SAW

Allah menurunkan Kitab Suci Al Quran kepada Nabi Muhammad pada hari Senin. Nabi Muhammad pun menyambut dengan ritual khusus pada hari itu yakni berpuasa.

Sebagai umat Islam yang baik, tentunya kita lebih mengagungkan hari lahirnya Nabi Muhammad dan Al Quran dengan berpuasa sebagaimana Nabi SAW telah mencontohkannya.

5. Solusi Menuju Takwa

Solusi agar puasa yang kita kerjakan mencapai tujuan takwa dapat dijawab dengan melakukan puasa Senin-Kamis. Melansir dari buku Puasa Senin-Kamis oleh Imas Kurniasih, hal ini disebabkan bahwa untuk memulai puasa Senin-Kamis dilandasi dengan niat yang ikhlas.

Sebab keikhlasan disebut sebagai modal awal untuk menjalani puasa sunnah sekaligus sebagai pembeda dengan ibadah lainnya.

"Dua hal khusus yang membedakan puasa sunnah dan ibadah lainnya. Pertama sifat kesunahannya dan kedua bersifat rahasia. Dua hal ini tidak akan mampu dilakukan kecuali oleh orang yang ikhlas," tulis Imas Kurniasih dalam bukunya.

Bila seseorang sudah terlatih dengan menjalani puasa Senin-Kamis, maka ia akan terlatih untuk ikhlas dalam setiap amal yang dilakukannya.

Adapun bacaan niat untuk melaksanakan puasa Senin-Kamis adalah sebagai berikut.

- Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya: "Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Taala."

- Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya: "Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala."

Setelah memahami beberapa mukjizat puasa Senin-Kamis, semoga kita semua bisa mengerjakan puasa sunnah ini dengan rutin sebagaimana tauladan dari Rasulullah SAW. Aamiin.


(rah/erd)