TPID Sumut Terbaik Se-Sumatera, Gubsu Edy: Alhamdulillah

Ahmad Arfah Fansuri - detikNews
Kamis, 26 Agu 2021 11:01 WIB
Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi (Biro Humas & Keprotokolan Pemprov Sumut)
Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi (Biro Humas & Keprotokolan Pemprov Sumut)
Medan -

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) meraih penghargaan TPID Award 2020 dari pemerintah pusat. Hal ini karena menilai TPID Sumut sebagai yang terbaik dalam pengendalian inflasi untuk wilayah Sumatera.

"Alhamdulillah kita menjadi yang terbaik TPID-nya (se-Sumatera)," kata Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi, Kamis (26/8/2021).

Penghargaan ini berdasarkan penilaian kinerja TPID pada 2020. Penghargaan diberikan dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan diikuti Edy secara virtual dari Medan pada Rabu (25/8).

Edy berharap capaian ini dapat dipertahankan. Untuk itu, kata Edy, pihaknya sedang mempersiapkan plafon digital dalam rangka memudahkan akses komunikasi sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi.

"Untuk plafon digital, infrastruktur digital di Sumut ini sedang dalam perbaikan, karena sinyal (jaringan internet) itu sangat diperlukan, khususnya di daerah-daerah yang belum maksimal jangkauannya (jaringan)," sebut Edy Rahmayadi.

Edy mengatakan platform ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh petani dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal ini, kata Edy, agar petani dan pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi informasi.

"Platform digital yang tengah dimaksimalkan saat ini akan disampaikan kepada para pelaku UMKM dan petani. Sekaligus memberikan edukasi terkait pemanfaatan teknologi informasi, meskipun berada jauh dari kawasan perkotaan atau ibukota," jelasnya.

Dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2021 ini, ada lima TPID tingkat Provinsi yang mendapatkan penghargaan. Kelima provinsi itu ialah:

a. Provinsi Sumatera Utara
b. Provinsi DI Yogyakarta
c. Provinsi Gorontalo
d. Provinsi Kalimantan Barat
e. Provinsi Papua

(jbr/jbr)