Membedah Pemicu Erick Thohir Ungguli Puan-Airlangga di Survei Capres

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 26 Agu 2021 07:26 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Elektabilitas Menteri BUMN, Erick Thohir, unggul dari Ketua DPR Puan Maharani dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di survei capres Lembaga Indikator Politik. Apa penyebabnya?

Peneliti Politik dari Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam, memberikan analisa soal pemicu Erick unggul dari Puan dan Airlangga. Menurutnya, Erick memiliki persepsi publik positif meski tanpa kampanye via baliho.

"Erick dianggap bagian dari wajah baru dan fresh dalam kompetisi kepemimpinan nasional ke depan," ucap Umam saat dihubungi detikcom, Rabu (25/8/2021).

"Persepsi publik yang positif tentang Erick lebih didorong karena track record kepemilikan saham di klub sepak bola Inter Milan yang menjadi olah raga sejuta umat di Indonesia, ditambah dengan kesuksesannya dalam penyelenggaraan Asian Games dan ketegasannya dalam mengelola isu dan kebijakan strategis terkait BUMN," sambungnya.

Dia menilai Erick memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan Puan dan Airlangga. Salah satunya soal status di partai politik.

Seperti diketahui, Puan adalah Ketua DPR RI dan Ketua DPP PDIP. Sementara, Airlangga adalah Ketua Umum Partai Golkar.

"Tapi lagi-lagi, kelemahan dia tidak punya kendaraan politik yang riil. Maka yang bisa dilakukan olehnya adalah bergabung dengan partai politik atau 'membeli tiket' dari partai-partai politik seperti yang dilakukan Sandiaga Uno pada Pemilu 2019 lalu," katanya.

Dia kemudian bicara skenario Erick masuk ke partai politik. Menurutnya, ada beberapa tantangan yang akan dihadapi Erick. Bagi Umam, Erick masih harus bekerja keras jika memang punya niat maju sebagai capres 2024.

"Kalaupun Erick mampu beli tiket partai politik, dia tetap menghadapi dua tantangan besar, yakni soliditas mesin politik yang menopangnya dan masih terbatasnya basis popularitas dan elektabilitasnya. Meskipun peluang ada, tapi butuh kerja keras untuk mengangkat nama Erick Thohir di kontestasi 2024 mendatang," ujarnya.

Simak juga video 'Survei Elektabilitas Indikator Politik: Prabowo Tertinggi, Disusul Ganjar':

[Gambas:Video 20detik]



Elektabilitas Erick Thohir kalahkan Puan dan Airlangga. Simak di halaman selanjutnya.