Mitra Binaan Pertamina Gelar Pelatihan Daur Ulang Jelantah Jadi Lilin

Inkana Putri - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 21:37 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

Mitra binaan Pertamina RU Balikpapan Mariojela melatih anggota Kelompok Bank Sampah Pagar Hijau Kelurahan Prapatan untuk mengelola minyak jelantah menjadi lilin, Selasa (24/8).

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina RU Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menjelaskan kegiatan ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan, yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta ekosistem daratan. Salah satunya dengan mengedukasi masyarakat untuk menjaga ekosistem.

"Mariojela merupakan singkatan dari Margasari Olah Jelantah. Kelompok ini merupakan mitra binaan Pertamina yang berlokasi di Kelurahan Margasari yang berfokus pada upaya-upaya penyelamatan lingkungan dengan mengedukasi masyarakat agar tidak membuang minyak jelantah ke lingkungan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (25/8/2021).

Selain mengedukasi masyarakat, Chandra menyebut kelompok ini juga telah memiliki keahlian untuk mengelola minyak jelantah menjadi lilin.

"Dengan bekal pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki, hari ini kelompok menularkan ilmu yang mereka miliki kepada kelompok Bank Sampah Pagar Hijau yang berlokasi di Kelurahan Prapatan," katanya.

Melalui kegiatan ini, Chandra berharap Kader Mariojela dapat semakin percaya diri dan bersemangat mengajak masyarakat peduli pada lingkungan.

Selain sebagai sarana membagi ilmu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan Kelompok Mariojela dan Bank Sampah Pagar Hijau.

"Hari ini, kelompok Mariojela mengajarkan ilmu kesini, dan mungkin di lain waktu, Kelompok Bank Sampah Pagar Hijau yang mengajarkan ilmunya ke kelompok Mariojela. Kondisi saat ini tidak menuntut kita memiliki semua sumber daya, namun bagaimana kita bisa berkolaborasi. Dengan berkolaborasi kita dapat maju bersama-sama," ungkapnya.

Di sisi lain, Lurah Prapatan Reza Dipa Pradeka berharap hadirnya pelatihan ini dapat meningkatkan kreativitas masyarakat. Dengan demikian, masyarakat dapat berkreasi membuat produk yang dapat meningkatkan perekonomiannya.

"Hari ini kami melaksanakan program CSR dari Pertamina RU V Balikpapan mengenai pengolahan jelantah menjadi lilin. Harapannya tetap saling membantu masyarakat sekitar khususnya di Kelurahan Prapatan agar masyarakat dapat berkreasi dan meningkatkan taraf hidup ekonominya," katanya

Senada dengan Rezam Ketua Bank Sampah Pagar Hijau Suharti Karyanto juga berharap agar pelatihan ini dapat menambah keahlian para anggota sekaligus meningkatkan perekonomian.

"Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan kami, dan nanti pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian," pungkasnya.

(mul/mpr)