Syarat Vaksin Moderna untuk Masyarakat Umum Terkini, Catat Ya!

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 21:06 WIB
Ilustrasi vaksin Moderna
Syarat Vaksin Moderna (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Syarat vaksin Moderna untuk masyarakat umum bisa jadi merupakan pertanyaan yang muncul di benak masyarakat saat ini. Vaksin Moderna mulai disuntikkan sebagai vaksin pertama untuk masyarakat di berbagai daerah, termasuk Jakarta.

Seperti diketahui, vaksin Moderna awalnya digunakan sebagai booster untuk vaksin ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes). Namun kini vaksin Moderna sudah bisa diberikan kepada masyarakat yang bukan tenaga kesehatan.

Syarat Vaksin Moderna untuk Masyarakat: Bukan untuk Booster!

Kementerian Kesehatan (Kemkes) telah menegaskan vaksin Moderna untuk masyarakat umum diberikan bagi yang belum pernah divaksinasi sebelumnya. Jadi masyarakat umum jangan minta booster vaksin Moderna, ya!

Vaksin Moderna diberikan kepada masyarakat yang belum divaksinasi sebanyak dua dosis. Penyuntikan dosis pertama dan kedua berjarak 4 minggu.

Syarat Vaksin Moderna untuk Masyarakat: Bagi Ibu Hamil

Salah satu target penerima vaksin Moderna adalah ibu hamil. Vaksinasi untuk ibu hamil bertujuan agar angka keparahan dan kematian Corona pada ibu hamil bisa ditekan. Ini karena ibu hamil berisiko tinggi apabila terpapar Corona.

Tak bisa sembarangan, ibu hamil masuk dalam kriteria khusus. Oleh sebab itu, syarat vaksin Moderna untuk ibu hamil harus melalui proses skrining yang berbeda.

Vaksin Moderna adalah salah satu jenis vaksin yang bisa digunakan untuk ibu hamil di Indonesia. Dosis pertama diberikan pada trimester kedua kehamilan, sedangkan dosis kedua menyesuaikan interval dari jenis vaksin.

Syarat Vaksin Moderna untuk Masyarakat: Bagi Warga Jakarta

Pemprov DKI memfokuskan vaksin Moderna untuk warga dengan gangguan autoimun, imunologi lain, atau komorbid lainnya. Syarat vaksin Moderna yang utama untuk warga Jakarta adalah belum pernah divaksinasi sebelumnya.

Syarat vaksin Moderna untuk warga Jakarta lainnya adalah harus periksa ke dokter untuk memperoleh surat persetujuan vaksinasi dengan Moderna.

Setelah punya surat dokter sebagai syarat vaksin Moderna, warga Jakarta bisa memilih lokasi vaksin dan mengisi tautan pendaftaran. Hingga saat ini, Rabu (25/8/2021), ada 35 fasilitas kesehatan di Jakarta yang melayani vaksinasi dengan vaksin Moderna.

Lokasi lengkapnya dapat disimak di sini:

[Gambas:Instagram]


Simak juga 'KPK Klaim Beri Pendidikan Antikorupsi 7 Juta Warga Sejak Awal 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)