Disdik DKI Finalisasi Aturan Sekolah Tatap Muka yang Dimulai 30 Agustus

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 17:24 WIB
Gedung Balai Kota DKI Jakarta
Gedung Balai Kota DKI Jakarta (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta segera menggelar sekolah tatap muka terbatas 30 Agustus mendatang. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkap saat ini ketentuan PTM terbatas sedang difinalisasi.

"Sekarang Dinas Pendidikan sedang memfinalkan semua ketentuan detailnya. Nanti ketika disampaikan memang sudah lengkap," kata Anies di Ruang Pola Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (25/8/2021).

Anies belum memerinci lebih lanjut terkait teknis PTM terbatas itu. Yang jelas, di dalam ketentuan ini, akan ada pengaturan vaksinasi COVID-19 hingga protokol kesehatan COVID-19 ketika PTM terbatas dimulai.

"Walaupun kita sudah mendengar bahwa di dalam status level 3 sekolah bisa mulai berkegiatan, tapi tetap keselamatan nomor satu. Jadi nanti ada soal vaksinasi, soal prokes, itu semua nanti ada ketentuannya," imbuh Anies.

Sebagaimana diketahui, DKI Jakarta akan menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di masa PPKM level 3. Nantinya, sekolah tatap muka maksimal 50 persen.

Hal ini tertuang dalam Kepgub DKI Jakarta Nomor 1026 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 COVID-19. Kepgub ini diteken Anies pada Senin (23/8/2021) lalu.

"Menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3 COVID-19 selama tujuh hari terhitung sejak 24 Agustus sampai 30 Agustus," demikian isi Kepgub Anies dilihat, Rabu (25/8).

Ada sejumlah penyesuaian yang ditetapkan karena PPKM Jakarta turun ke level 3. Salah satunya dibolehkan pembelajaran tatap muka terbatas berdasarkan keputusan tiga menteri. Sekolah yang menjalankan pembelajaran tatap muka wajib mengatur kapasitas maksimal 50 persen.

Kapasitas 50 persen ini dikecualikan untuk SDLB, MILB, SMPLB, SMLB, dan MALB, yang maksimal 62 persen. Termasuk PAUD maksimal 33 persen.

(idn/idn)