CT ARSA Foundation-TNI AL Gelar Serbuan Vaksinasi dan Donasi di Muara Gembong

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 16:07 WIB
Serbuan vaksinasi dan donasi CT ARSA Foundation-TNI AL di Muara Gembong
Serbuan vaksinasi dan donasi CT ARSA Foundation-TNI AL di Muara Gembong Foto: Nahda/detikcom
Bekasi -

Di masa pandemi, CT ARSA Foundation terus berkontribusi dengan melakukan berbagai upaya untuk menekan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Donasi berupa alat pelindung diri, kebutuhan sehari-hari, vitamin dan makanan bergizi tersalurkan bagi para tenaga medis dan masyarakat terdampak pandemi.

Upaya berikutnya yang dilakukan CT ARSA Foundation dalam memutus penyebaran Covid-19 adalah berkolaborasi dengan TNI Angkatan Laut melalui kegiatan "Serbuan Vaksinasi dan Donasi" di wilayah Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat.

Serbuan vaksinasi dan donasi CT ARSA Foundation-TNI AL di Muara GembongSerbuan vaksinasi dan donasi CT ARSA Foundation-TNI AL di Muara Gembong Foto: Nahda/detikcom

Muara Gembong sendiri merupakan wilayah dengan kondisi masyarakat yang memprihatinkan dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah serta kesadaran akan kesehatan dan pendidikan yang masih rendah.

Kegiatan sosial ini dilakukan Rabu, 25 Agustus 2021 dengan menyasar 1.000 masyarakat di Pantai Mekar, Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. Tidak hanya vaksinasi, dalam rangkaian kegiatan juga mendistribusikan 1.000 paket sembako, 1.000 paket makanan bergizi siap saji, dan puluhan paket bantuan alat sekolah.

Serbuan vaksinasi dan donasi CT ARSA Foundation-TNI AL di Muara GembongSerbuan vaksinasi dan donasi CT ARSA Foundation-TNI AL di Muara Gembong Foto: Nahda/detikcom

Turut berkontribusi dalam kegiatan serbuan vaksinasi, yaitu para tenaga kesehatan yang tidak hanya hadir melalui jalur darat. Mereka juga menggunakan KRI Teluk Hading dan KRI Amboina yang kemudian diterjunkan ke lokasi menggunakan sea rider dan perahu karet. Aksi lainnya dalam kegiatan sosial ini yaitu terjun payung yang dilakukan oleh Pasukan Taifib Marinir TNI Angkatan Laut.

Aksi sosial ini terselenggara berkat dukungan berbagai pihak, yaitu Pasmar 1, TNI Angkatan Laut, TRANSMEDIA meliputi TRANS TV, TRANS7, CNN Indonesia, dan detiknetwork, Transvision, Bank Mega, serta Bank Mega Syariah.

Serbuan vaksinasi dan donasi CT ARSA Foundation-TNI AL di Muara GembongSerbuan vaksinasi dan donasi CT ARSA Foundation-TNI AL di Muara Gembong Foto: Nahda/detikcom

Turut hadir dalam kegiatan, Sekretaris Umum CTARSA Foundation sekaligus DirekturTRANSMEDIA,LatifHarnoko, Sekretaris sekaligus Direktur Trans News Corpora,Titin Rosmasari, serta Direktur Operation Transvision Agung DM Sahidi mewakili Direktur Utama Transvision.

Sementara dari TNI Angkatan Laut hadir Ketua Umum Jalasenastri, Veronica Yudo Margono yang turut berpartisipasi dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Jalasenastri.

Serbuan vaksinasi dan donasi CT ARSA Foundation-TNI AL di Muara GembongSerbuan vaksinasi dan donasi CT ARSA Foundation-TNI AL di Muara Gembong Foto: Nahda/detikcom

Pantauan detikcom di lokasi, warga Muara gembong tampak antusias antre untuk mendapatkan vaksin jenis Sinovac. Warga tertib dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tidak hanya divaksin, warga Muara Gembong juga mendapatkan 1.000 paket sembako, 1.000 paket makanan bergizi siap saji dan puluhan paket bantuan alat sekolah.

Sekretaris Umum CT ARSA Foundation sekaligus Direktur TRANSMEDIA, Latif Harnoko mengaku bersyukur program ini bisa terselenggara dengan lancar. Dia juga mengapresiasi TNI AL selalu senada dalam membantu masyarakat, khususnya di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau.

"Saya merasa bangga dengan penyelenggaraan program vaksin dengan tetap tertib. Program ini yang kesekian kalinya dan program penanganan covid CT ARSA Foundation sejak dari tahun lalu sudah aktif membantu penanganan COVID di Indonesia dan bekerja sama dengan pihak-pihak lainnya," ujarnya.

CT ARSA dan TNI AL bersinergi membantu masyarakat yang terdampak COVID-19 dan mendukung program VaksinasiCT ARSA dan TNI AL bersinergi membantu masyarakat yang terdampak COVID-19 dan mendukung program Vaksinasi Foto: dok ist

Hal senada disampaikan Direktur Trans News Corpora, Titin Rosmasari. Dia mengatakan distribusi vaksin menjadi isu karena wilayah Indonesia yang luas. Untungnya, berkat kerja sama dengan TNI AL, wilayah seperti Muara Gembong ini bisa dijangkau.

Titin mengatakan, CT ARSA Foundation akan terus bergerak seiring sejalan dengan pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19. Dengan percepatan program vaksinasi, diharapkan herd immunity segera tercapai.

"Dalam kegiatan bantuan seperti ini, yang paling penting adalah berkelanjutan. Dari visi misi CT Arsa, yang penting adalah bantuan itu bisa terus berkelanjutan," ucapnya.

Camat Muara Gembong, Lukman Hakim mengaku merasa bersyukur dengan adanya bantuan donasi serta program vaksinasi yang diadakan CT ARSA Foundation bersama TNI AL ini.

"Vaksinasi di Muara Gembong sudah mencapai 50%, sekitar 12.000 lah dan dengan pelaksanaan vaksinasi hari ini jumlahnya akan kembali meningkat lagi, persentase meningkat lagi," ungkap Lukman.

CT ArsaPotret warga saat mendapatkan vaksinasi Foto: Nahda/detikcom

Salah satu warga Muara Gembong yang mendapatkan vaksin, Edi Junaedi (32), bersyukur telah mendapatkan vaksinasi. Edi mengaku tidak merasakan efek samping setelah divaksin.

"Enak sekali. Sangat membantu untuk kerja dan di perjalanan juga. Alhamdulillah nggak ada efek samping," ujar Edi.

(hri/hri)