3 Harimau Ditemukan Mati di Aceh Selatan, Diduga Induk dan Anaknya

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 15:48 WIB
photos of a sumatrean tiger
Ilustrasi harimau (Getty Images/iStockphoto/DikkyOesin)
Aceh Selatan -

Tiga bangkai harimau ditemukan di kawasan hutan di Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan. Harimau itu diduga terdiri atas induk dan anaknya.

"Kita dapat laporan adanya bangkai harimau kemarin sore. Tadi pagi tim sudah ke lokasi," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Agus Arianto saat dihubungi detikcom, Rabu (25/8/2021).

Agus mengatakan tiga harimau itu diduga sudah beberapa hari terkena jerat babi. Lokasi bangkai itu terletak di dua titik dengan jarak sekitar 5-10 meter.

"Dua individu mati di satu lokasi dan kita duga itu induk sama anaknya. Satu individu lagi di tempat terpisah. Kita belum tahu yang satu ini apakah anaknya juga," jelas Agus.

Menurut Agus, tim gabungan BKSDA sudah meluncur ke lokasi untuk melakukan olah TKP dan nekropsi. Dia menduga harimau itu mati karena terkena jerat.

"Kami masih menunggu hasil nekropsi di lapangan," jelas Agus.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Aceh Hadi Sofyan mengatakan ketiga bangkai harimau ditemukan di area perkebunan yang berbatasan dengan hutan lindung. Lokasi ini berjarak sekitar dua jam perjalanan dari perkampungan.

"Kita menduga harimau itu mati dalam waktu berbeda sekitar tiga sampai lima hari lalu karena sudah mengeluarkan bau," jelas Hadi saat dimintai konfirmasi terpisah.

(agse/aud)