Komisi VIII DPR Tanya Data Bantuan Anak, Risma Masih Tunggu Laporan Daerah

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 11:56 WIB
Tri Rismaharini
Mensos Tri Rismaharini (Kemensos)
Jakarta -

Komisi VIII DPR RI mempertanyakan data bantuan untuk anak yang ditinggal orang tuanya meninggal karena COVID-19. Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma mengatakan banyak data daerah yang belum masuk ke kementeriannya.

"Jadi hitungan kami empat bulan, jadi anak yang meninggal karena orang tuanya kena COVID hitungan kita, asumsi kita, 20 ribu. Saat ini kami baru terima 15 ribu sekian," kata Risma dalam rapat kerja Komisi VIII di akun YouTube Komisi VIII, Rabu (25/8/2021).

Penjelasan Mensos Risma ini mendapatkan sorotan dari Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily. Ace meminta data bantuan untuk anak yang ditinggal orang tuanya meninggal karena COVID-19 tak berdasarkan asumsi.

"Karena ini kan menyangkut dengan data, data menyangkut dengan angka. Kalau kita mau pakai asumsi, nanti sulit kita kalau memberikan dukungan terhadap data-data itu," ujar Ace.

Mensos Risma mengatakan belum semua daerah mengumpulkan data anak yang ditinggal orang tuanya meninggal karena COVID-19. Sedangkan Risma ingin mengajukan bantuan tersebut kepada Kementerian Keuangan.

"Kami masih meminta surat ke daerah, Pak, data persisnya. Daerah belum seluruhnya ngumpul ke kami, ya masih proses. Tapi kalau ini misalkan harus nanti tiga bulan, Oktober, kami harus ngajukan ke Kementerian Keuangan bulan ini, Pak, karena tak keburu kalau bulan September," ucapnya.

Senada dengan Ace, seorang anggota Komisi VIII juga mempertanyakan data tersebut. Komisi VIII tak ingin data yang tercatat salah karena berdasarkan asumsi.

"Sambil Bu Menteri menjelaskan tadi data, ini kan data tidak ada di sini, jadi dari sekretariat bisa kirim ke sekretariat kita biar langsung di-print. Jadi kalau kita bicara masalah data, jadi kita melihat di sini dan di situ, jangan sampai kita berasumsi salah dan kita catat salah. Karena ini penting sekali," sebutnya.

Lihat juga video 'Kemendikbud Lanjutkan Bantuan Kuota Data Internet dan UKT untuk Siswa':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: