Bobby Siapkan Rp 45 Miliar untuk Atasi Banjir di Medan

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 21:31 WIB
Bobby Nasution (Datuk-detikcom)
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Datuk/detikcom)
Medan -

Wali Kota Medan Bobby Nasution berbicara tentang mengantisipasi banjir menjelang masuk musim hujan. Bobby menyebut penanganan banjir tak bisa sporadis dan dirinya telah menganggarkan Rp 45 miliar untuk persoalan banjir.

"Yang pasti banjir ini penanganannya nggak bisa sporadis, tidak bisa, 'oh ini karena ini kita buat hal sementara dulu ya', itu tidak bisa. Namun hal ini harus kita berkesinambungan, baik drainase perkotaan, saluran sungai, ini harus kita kolaborasi dengan BWS (Balai Wilayah Sungai) dan Pemerintah Provinsi Sumut," kata Bobby di kantor Camat Medan Helvetia, Selasa (24/8/2021).

Bobby menuturkan telah mengecek secara langsung saat air naik di Sungai Babura kemarin. Bobby telah berkoordinasi dengan BWS, tapi tidak bisa memaksakan BWS lantaran itu anggaran dari pusat.

"Kemarin, ketika Subuh itu air naik di (Sungai) Babura, paginya jam 10.00 WIB itu saya langsung koordinasi dengan BWS, kita langsung komunikasi bagaimana penanganannya dan tadi malam saya sudah cek, bagaimana penanganan banjir ini, khusus untuk sungai yang sudah kita tetapkan, tiga sungai itu Bedera, Babura, sama Deli," ujar Bobby.

"Memang karena baru kita mintanya tahun ini juga, dan penganggarannya juga kita tidak bisa paksakan karena dari pusat juga, tahun ini sudah mulai ditenderkan kata BWS namun dikerjakannya awal tahun depan," tambah Bobby.

Nantinya, Bobby bakal mengganti pintu air dengan sistem buka-tutup. Bobby bakal membuat pintu air seperti model di Bendungan Katulampa.

"Di pintu air, pintu air itu akan kita ganti. Pintu air akan diganti pintu air yang kayak benar-benar buka-tutup kayak Katulampa kalau nggak salah, ya. Akibatnya adalah hutan kota kita nanti akan dijadikan kolam karena itu nanti bakal terbanjiri. Kalau itu pintu airnya ditutup, airnya tertahan, hutan kota kita yang di Johor sana kan terbanjiri, biar apa, biar kanal ini berfungsi," sebut Bobby.

Bobby mengaku selama ini kanal itu tampak kering. Nantinya, air yang ada di sungai bakal dialirkan ke kanal sehingga intensitas air di sungai berkurang.

"Kan selama ini kanalnya kering saja. Ketika nanti airnya ditutup dari masuk ke Sungai Deli, airnya kita arahkan, kita belokkan ke kanal. Jadi intensitas air masuk ke Sungai Deli itu akan kita kurangi," ucap Bobby.

Selain untuk Sungai Deli, Bobby sudah menyiapkan anggaran untuk Sungai Bedera dan Babura. Anggaran itu disiapkan setelah adanya tantangan untuk Kota Medan.

"Begitu juga dengan Bedera, Babura, kami sudah siapkan. Kalau kemarin kita yang ditantang ada nggak Medan anggaran. Sudah kita anggarkan, sudah untuk penanganan banjir, untuk sungai sudah kita siapkan Rp 25 miliar plus Rp 20 miliar untuk sulang-saling. Berarti itu sudah ada Rp 45 miliar kita siapkan di situ untuk sungainya saja. Yang kita ditantang mau nggak ini Medan, kalau Medan bisa menyiapkan, kami akan segera, kami siapkan langsung anggarannya," ucap Bobby.

(fas/fas)